Mantan Bupati Teluk Wondama, Alberth H. Torey.

Bupati Wondama Kritisi Aparaturnya

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Bupati Teluk Wondama Alberth H. Torey meminta aparaturnya untuk lebih meningkatkan kinerja, terutama dalam hal yang sifatnya administratif.

“Maaf ya, saya amati ada aparatur yang sudah sarjana tapi buat telaah staf tidak benar. Contoh penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam surat kedinasan banyak salah. Pertanyaannya waktu kuliah buat apa saja, buat skripsi dan tesisnya seperti apa,” kritik Bupati saat memimpin upacara Hut Perhubungan ke 70 belum lama ini.

Tak hanya itu ungkap Bupati Torey, sekitar 300 pencari kerja yang masuk kategori 1 (K-1), 37 diantaranya memiliki ijazah yang dicurigai aspal (asli atau palsu) karena terdapat tipeks. “Jangan membiasakan tipeks ijazah untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri (CPNS). Ko tidak takut masuk bui,”sorotnya.

Sikapi kenyataan ini, Bupati Torey menyatakan sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan untuk programkan pendidikan Paket C kepada 37 pencari kerja tersebut.

“Mereka sudah lakukan kesalahan, tapi pemerintah daerah akan bantu. Tegasnya jangan ulangi kebiasaan tersebut, sebab barang siapa yang tidak bekerja jujur diatas tanah ini, jangan salahkan ibu yang mengandung,” tandasnya. |ADLU RAHARUSUN