Ilustrasi Pelayanan Kesehatan

Butuh Dukungan Alkes Memadai dan Dokter Spesialis

WONDAMA,CAHAYAPAPUA.com– Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Wondama memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga setempat baik untuk operasi maupun penanganan penyakit lainnya

“Sejak awal Januari, pelayanan di RSUD gratis bahkan untuk operasi. Ini merupakan komitmen pak Bupati yang tertuang dalam Visi dan Misi beliau di bidang kesehatan,” kata Direktur RSUD Wondama dr.Alberth S. Kapitarauw, SpB, Rabu (11/11) di RSUD Wasior.

Ia mengatakan, pihaknya didukung dua dokter spesialis kandungan dan satu dokter spesial bedah.

Untuk meningkatkan kualitas layanan, Alberth mengakui pihaknya masih butuh dukungan peralatan kesehatan canggih termasuk dokter yang mumpuni. “Kedepan kami berharap tenaga tenaga spesialis lebih banyak lagi,” katanya.

Karyawan RSUD Wondama sebanyak 182 orang. 112 orang diantaranya berstatus honorer. Selebihnya adalah tenaga spesialis dan tenaga yang berstatus sebagai PNS.

RSUD Wasior sendiri masih berstatus tipe D. Alberth mengatakan pihaknya sedang berupaya agar mendapat pengakuan atau terakreditasi sesuai standar dari Komisi Akreditasi Nasional.

“Beberapa bulan terakhir ini kami menyiapkan infrastruktur dan SDM. Target kami, tahun depan kita akan mengundang tim KAS dari pusat untuk menilai RSUD Wasior,” ujarnya.

Ruangan emergency atau gawat darurat serta beberapa ruangan lain di rumah sakit ini sedang dibenahi. Untuk layanan gawat darurat RSUD Teluk Wondama menerapkan model triase artinya setiap pasien diklasifikasi berdasar keparahannya.

“Kalau parah sekali ada ruang tersendiri. Yang sedang ruangannya pun tersendiri begitu juga pasien yang biasa atau kecelakaan,” jelasnya. |ADLU RAHARUSUN

Tinggalkan Balasan