Cahaya Papua Luncurkan Situs cahayapapua.com

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comSurat kabar harian Cahaya Papua yang berbasis di Manokwari terus mengembangkan layanannya. Salah satunya melalui layanan informasi online yang dikembangkan lewat situs berita online www.cahayapapua.com.

Meski sudah didesain beberapa bulan lalu, portal berita ini baru diluncurkan Rabu malam lalu di Gazebo Aneka Batik Papua, oleh Pemimpin redaksi Cahaya Papua, Ferdinand Teniwut. Acara peluncuran yang ditandai dengan penyalaan lilin ini juga dihadiri pemimpin Umum media ini, Nicholas Tampang Allo, awak redaksi dan puluhan   karyawan.

Wakil pemimpin umum dan penanggungjawab Cahaya Papua, Patrix Barumbun Tandirerung mengatakan, portal berita www.cahayapapua.com hadir untuk menjawab kebutuhan informasi bagi publik yang dipertautkan dengan perkembangan teknologi informasi.

“Layanan ini memungkinkan warga sedunia mengakses berita sekaligus mengikuti perkembangan terkini Papua Barat. Jangkauannya juga semakin luas karena portal ini diintegrasikan dengan sosial media seperti facebook, twitter dan google plus. Bahkan bisa diakses melalui smartphone,” katanya.

Penggunaan media sosial ini secara strategis menyasar pembaca muda yang getol berinteraksi di jagad sosial media. Akun twitter resmi Cahaya Papua adalah: @cahaya_papua.

Menurut Patrix, trend media saat ini untuk meniscayakan layanan informasi media online yang menuntut kecepatan tanpa harus meninggalkan prinsip-prinsip yang bersifat etik misalnya, keberimbangan (cover both side). Sementara layanan cetak lebih menekankan pada aspek kedalaman berita. Inilah yang hendak dijawab oleh Cahaya Papua.

Portal ini juga membuat kanal khusus untuk mengembangkan citizen journalism atau jurnalisme warga. Konsep ini memungkinkan publik yang tak berprofesi sebagai wartawan untuk melaporkan peristiwa di sekitarnya. Kedepan layanan ini akan diintegrasikan dengan SMS Gateway.

“Cahaya Papua pernah bekerjasama dengan sebuah lembaga non profit bernama Air Putih untuk mengembangkan layanan ini. Cuma kendalanya adalah jaringan dan SDM yang terbatas. Kedepan ini akan kami aplikasikan lagi. Sementara ini jika warga ingin berkontribusi, laporannya bisa dikirim ke cahaya.papua@gmail.com ,” kata Patrix.

Selain itu portal www.cahayapapua.commengembangkan sindikasi berita dengan sejumlah portal berita online baik di papua maupun di luar Papua. |RIZALDY TARAFANUR

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan