Kepala Seksi Pelayanan dan Pembinaan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat Sri Asti Nurmaya

Calon Haji Papua Barat berangkat melalui Makassar

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemberangkatan jama’ah calon haji dari Provinsi Papua Barat menuju Jedah, Arab Saudi akan dilaksanakan melalui Embarkasi Haji Makassar, Sulawesi Selatan.
   
Kepala Seksi Pelayanan dan Pembinaan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat Sri Asti Nurmaya di Manokwari, Selasa, mengatakan, Papua Barat jamaah calon haji Papua Barat terbagi dalam dua kloter yakni kloter 16 dan kloter 17.

“Papua Barat mendapat jatah kuota sebanyak 725 orang.  Terbagi dalam  kloter 16 yang meliputi wilayah Sorong Raya dan kloter 17 meliputi Manokwari Raya,” kata dia.

Pemberangkatan kloter haji Papua Batat, lanjut Asti, akan dilaksanakan pada 6 dan 7 Agustus 2017. Pelepasan akan dilaksanakan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Embarkasi Haji Makassar.

Dia mengutarakan, seluruh berkas persyaratan administrasi para calon haji sudah tuntas. Dipastikan, seluruh jama’ah akan berangkat tepat waktu.

“Visa haji untuk jama’ah kloter 16 semua sudah di Kanwil (Kantor Wilayah Kementerian Agama). Kita sedang menunggu visa kloter 17, mungkin minggu depan sudah tiba di Kanwil, ujarnya lagi.

Dia menambahkan, tahun ini Papua Barat mendapat menambahan kuota sebanyak 15 orang. Pihaknya belum memperoleh informasi terkait rencana penambahan tahun depan.

“Tahun ini kuata kita dikembalikan, sebelumya dikurangi menjadi 710, tahun ini sudah dikembalikan utuh 725 orang,” sebutnya juga.

Pihaknya berharap, kuata Papua Barat terus ditambah sebab masih banyak calon haji yang masuk dalam daftar tunggu.  Selama ini calon haji harus menunggu antara lima hingga enam tahun untuk bisa berangkat menunaikan haji ke tanah suci. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: