Komisi Pemilihan Umum

Calon Komisioner KPU Kaimana Tetap Dilantik

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana menyatakan, calon anggota KPU tetap bisa dilantik sebagai komisioner KPU meski terlibat sebagai tim sukses kandidat kepala daerah.

Pernyataan ini merujuk pada informasi bahwa dua dari tiga calon komisioner KPU Kaimana yang bakal dilantik merupakan tim sukses kandidat tertentu.

“Menjadi tim sukses itu adalah hak pribadi orang karena tidak terdaftar pada Kementerian Hukum dan HAM. Yang ada didalam Peraturan KPU adalah tidak boleh terlibat sebagai pengurus partai politik,” kata Amus, Selasa (24/11/2015).

Amus menegaskan, menjamin netralitas dan independensi calon anggota KPU Kaimana yang akan dilantik menggantikan anggota yang diberhentikan oleh DKPP baru-baru ini. “(mereka juga) akan menandatangani sejumlah surat pernyataan,” ujarnya.

Para calon anggota KPU yang akan dilantik adalah Ali Fidmatan, Jeremias Furay, dan Oknis Tutuhatunewa. “Pelantikan dilakukan dalam waktu 48 jam dari hari ini (kemarin, red) karena keputusan DKPP baru keluar,” ujar Amus.

Berdasar informasi yang dihimpun Cahaya Papua, ketiga calon anggota KPU Kaimana kemarin malam telah dilantik di kantor KPU Papua Barat, Manokwari.

Dalam beberapa hari terakhir terjadi pemberhentian anggota KPU pada sejumlah kabupaten di Papua Barat. Di Kaimana berjumlah 3, Kota Sorong 1, Fakfak 2. Untuk Teluk Bintuni satu komisioner diberhentikan sementara waktu. |RASYID FATAHUDIN