Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw

Calon Tenaga Kerja LNG Tangguh Akan Diberi Pelatihan

BINTUNI, Cahayapapua.com– Dalam rangka meningkatkan mutu dan skill calon tenaga kerja di proyek pembangunan Train 3 LNG Tangguh serta sejumlah proyek minyak dan gas bumi di daerah ini, Pemkab Teluk Bintuni berencana akan memberikan pelatihan singkat. 

Bupati Ir. Petrus Kasihiw, MT, beberapa waktu lalu mengatakan, alasan dibuatnya pelatihan karena sebagian besar calon tenaga kerja asal daerah ini belum memiliki keahlian yang dibutuhkan dalam mega proyek itu. “Kita memang terkendala dengan kriteria yang diminta oleh perusahaan. Misalnya kalau persyaratan yang diminta oleh perusahaan seperti skill dan high skill kita kan di barisan paling terakhir,  karena kita belum siap,” kata Bupati.

Oleh karenanya, Pemda Teluk Bintuni dalam waktu dekat akan menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan yang memiliki keahlian untuk melatih calon tenaga kerja tersebut.

“Ini menjadi tantangan kita kedepan, bahkan saya juga akan mendorong segera dilakukan pelatihan-pelatihan. Ini yang sedang kita negosiasi dengan Petrotekhno di Jakarta yang mempunyai tempat pelatihan di Ciloto,” ungkapnya.

Bupati berharap setelah dilakukan perjanjian kerjasama dengan Petrotekhno,  target kuota tenaga kerja yang diminta pemerintah daerah kepada pihak perusahaan semakin bertambah, bukan sebatas tenaga kerja buruh kasar semata.

“Kita akan datangkan pelatih atau instruktur  untuk melatih tiga bulan agar cepat. Kita segera buat MoU dengan mereka agar bisa memberikan porsi tenaga kerja yang berkualitas pada saat mulai perekrutan untuk LNG Tangguh,” tandasnya .(ART)

Tinggalkan Balasan