IRENE MENIBUY

Calon Wagub Papua Barat, Golkar Amankan Irene Manibuy

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Ketua Harian DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat, Origenes Nauw mengatakan Golkar  konsisten untuk mendukung Irene Manibuy sebagai calon wakil gubernur.

“DPP partai sudah memerintahkan kepada DPD Partai Golkar untuk menungaskan Fraksi Golkar di DPR PB untuk memperjuangkan Ibu Irene Manibuy,” kata Origenes, Senin (27/4/2015).

Pertimbangan partai atas keputusan itu, antara lain, irene dinilai mampu membangun komunikasi antar lembaga tingkat daerah dan pusat termasuk memahami tugas-tugas pemerintahan.

“Sehingga wakil gubernur tidak saja menjadi pelengkap penderita gubernur atau sekadar tukang baca sambutan saja.Tapi, bagaimana wakil gubernur itu harus mampu melaksanakan visi-misi gubernur yang dijabarkan di dalam Renja setiap SKPD,” ujarnya.

Menurutnya, Irene memiliki semua kriteria yang diharapkan. Irene Manibuy diharapkan mampu membuat program-program terobosan.

“Seperti program peternakan, rencana pembangunan jalan kereta api jalur Sorong-Manokwari serta beberapa program pemerintah lainnya. Itu membutuhakan kemampuan komunikasi dan terobosan sehingga anggaran yang bersifat khusus bisa meningkat. Termasuk alokasi dana Otsus,” ungkap Ori Nauw.

Terpisah, Ketua Fraksi Demokrat DPR PB, Aminadap Asmuruf mengatakan,  Demokrat akan mengikuti dinamika politik terjadi di dalam proses pemilihan.

Ketua Fraksi Hanura, Jhon Pit Asmuruf mengatakan sebagai salah satu partai pengusung Bram-Katjong pada Pilkada, fraksinya mendukung rekomendasi gubernur Abraham O.Atururi. “Saya lihat semua fràksi sepertinya lebih condong kepada salah satu kandidat,” ujar Jhon.

Sementara Sekretaris Fraksi Gerinda, Saharuddin mengaku belum mengetahui mekanisme pemilihan. Apakah sistim tertutup atau terbuka. “Yang jelas akan ada waktu yang diberikan bagi setiap calon untuk menyampaikan kesiapannya menjadi wakil gubernur,” sebutnya

Sebelumnya ketua fraksi PDI Bersatu, M.Sanusi Rahaningma secara tegas menyampaikan bahwa tiga partai koalisi yang tergabung dalam fraksi ini siap memenangkan Irene Manibuy.

Sesuai informasi yang dihimpun Cahaya Papua, sidang paripurna pemilihan wakil gubernur akan digelar hari ini. Sidang tersebut akan dilaksanakan sehari penuh. Sesuai undangan yang didistribusikan, jadwal pemilihan akan dilaksanakan pukul 10.00 WIT. Sementara penetapan, dilaksanakan pukul 15.30 WIT. Sejumlah anggota DPR PB telah menerima undangan paripurna. Ruang Sidang Utamapun sudah dipersiapkan. | RASYID