Pemerintah Provinsi Papua Barat. Foto: Ist

Calon Wagub Papua Barat Harus Bersih dari Korupsi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- LP3BH Manokwari mewanti-wanti agar wakil Gubernur Papua Barat yang akan mengganti almarhum Rahimin Katjong harus bersih dari tindak pidana korupsi serta berpengalaman dalam birokrasi pemerintahan.  

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy meminta Gubernur Papua Barat Abraham O.Atururi, mempertimbangkan dua poin tersebut sebelum akhirnya mengambil pilihan dan menyampaikan nama calon wakil kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Penetapan Calon Wagub harus sejalan dengan amanat Undang-undang Pilkada yang termuat dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), UU No. 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi serta UU No. 30 Tahun 2002 tentang KPK,” kata Warinussy, Minggu (22/2/2015).

Untuk itu lanjut Warinussy, pada tahapan pemilihan dan penetapan wagub, para kandidat yang diusulkan partai pengusungnya, harus melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).”Selain itu kandidat calon wagub juga harus berpengalaman dibidang pemerintahan khususnya dibidang administrasi keuangan pemerintah daerah,” imbuhnya.

“Calon Wagub harus bersih dari kasus hukum dan tidak pernah dikenai hokum, dipidana dalam sidang tindak pidana korupsi apapun di seluruh Indonesia,”tegasnya. |RIZALDY

Tinggalkan Balasan