Kodim MKW

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Pembangunan kantor Markas Komando Daerah (Makodam) Papua Barat nampaknya berjalan sesuai rencana. Saat ini, kantor TNI Angkatan Darat berkapasitas 4 lantai itu telah masuk dalam tahap penyeselesaian pembangunan yang sudah mencapai 90 persen.

Dandim 1703 Manokwari, Letkol Inv Stevanus Satrio Aribowo, kemarin siang, mengatakan, dengan perkembangan tersebut, pembangunan Makodam direncanakan akan selesai pada akhir Desember 2015, sesuai rencana kerja.

“Sekarang ini tinggal finishing seperti pembuatan dekorasi bermotif lokal. Kita harapkan Kodam Papua Barat dapat memiliki ciri khusus adat masyarakat Papua Barat,” ucapnya. Dekorasi tersebut akan ditempatkan di depan Makodam Papua Barat.

Stevanus mengatakan, setelah pembangunan selesai, direncanakan pada awal 2016 sebagian personil Makodam mulai mengisi kantor tersebut. Personil selain berasal dari wilayah Papua juga akan diambil dari luar tanah Papua.

“Awalnya sekitar 30 persen personil, diambil dari Kodam Cendrawasih Papua dan selanjutnya akan diambil dari luar Papua Barat. Ini untuk memenuhi personil di Makodam Papua Barat,” jelasnya.

Untuk perumahan panglima, kasdam, serta para asisten dan satu unit rusunawa, ia menyatakan, telah mencapai 88 persen. Pembangunan fasilitas ini juga direncanakan selesai sesuai target waktu.

Secara keseluruhan, pembangunan kantor Makodam Papua Barat termasuk rumah panglima, kasad, dan asisten dan rusunawa, yang terletak di Kompi Arfai, telah menelan anggaran sebesar Rp. 79 miliar. |ADITH SETYAWAN