Nataniel D. Mandacan. | CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Cegah korupsi, Sekda Papua Barat ingatkan ASN hati-hati

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Aparat Sipil Negara dari pimpinan organisasi perangkat daerah hingga staf dilingkungan pemerintah Provinsi Papua Barat diimbau bekerja secara hati-hati agar tidak terjerat kasus korupsi.

Sekretaris Daerah Papua Barat Natiel Mandacan pada apel gabungan di Manokwari, Senin, mengatakan, Papua Barat masih punya cukup banyak masalah. Seluruh ASN diminta bekerja keras.

“Pimpinan OPD harus proaktif sebaliknya staf siap menerima perintah. Laksanakan kegiatan sesuai perintah jangan kurangi, jangan juga melebihi,” kata Nataniel.

Dia mewanti-wanti agar seluruh OPD bekerja sesuai aturan. Ia tak ingin ASN Papua Barat tersandung masalah hukum akibat penggunaan anggaran yang menyalahi aturan.

“Kalau sudah lelah menghadapi masalah, ajukan pensiun tapi tanggungjawab harus diselesaikan dulu semua. Jangan sampai sudah kena kasus dan menjalani proses hukum baru ajukan pensiun,”katanya lagi.

Nataniel menyebutkan, pemerintah provinsi Papua Barat sudah mempersiapkan pengacara. Pegawai yang tersandung masalah dipersilahkan berhubungan langsung dengan pengacara tersebut. “Kalau ada masalah koordinasi juga sejak awal supaya bisa didampingi dan masalah bisa diselesaikan sedini mungkin,” ucapnya lagi.

Dia menambahkan, Papua Barat sudah bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Papua. Kejaksaan siap mendampingi sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kasus korupsi.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan agar seluruh pegawai menjaga kesehatan, jaga pola makan dan jaga berat badan. “Kita dituntut bekerja keras, apalagi dengan kondisi kita saat ini yang harus mengoptimalkan serapan anggaran. Saat menjalankan tugas ingat keluarga, keluarga di rumah selalu mendoakan dan berharap kita baik-baik saja,” sarannya. (ibn)

Tinggalkan Balasan