Walikota Sorong, Lambert Jitmau
Walikota Sorong, Lambert Jitmau

Cuti Kampanye, Incumben Walikota Sorong Kembalikan Mobil Dinas

SORONG, Cahayapapua.com— Pasca ditetapkan sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota Sorong, Lambert Jitmau dan wakilnya Pahima Iskandar mengembalikan tiga mobil dinas kepada negara, Minggu (6/11).

Fasilitas tersebut yakni, dua mobil Toyota Fortuner dengan nomor polisi PB 1 WK dan PB 2 WK dan Kamry bernomor polisi DS 1 Kota Sorong.

Lambert mengatakan ia akan kembali menjalankan menggunakan fasililitas tersebut dan menjalankan aktivitas sebagai walikota pada 12 Februari hingga pada 17 Juli tahun 2017 mendatang.

“Karena saya akan mengikuti masa kampanye, maka saya harus cuti dan menyerahkan fasilitas pemerintah berupa mobil kepada pemda, sebab fasilitas-fasilitas itu dibelanjakan menggunakan APBD,” tutur dia dalam sambutan penyerahan tugas Wali Kota kepada Pelaksana Harian (Plh) Welly Tiktik di Kota Sorong, Minggu (6/11).

Sementara itu Plh Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Papua Barat Hj Baesarah Wael mengatakan  hari ini rencananya Gubernur Papua Barat, Abraham O Ataruri akan melantik dan nota dinas Welly secara resmi.

“Lambert dan Pahima masih menjabat sebagai Walikota serta Wakil Walikota Sorong. Beliau-beliau hanya cuti dan itu diluar tanggungan Negara, sehingga tidak memasuki kantor serta tidak menggunakan fasilitas Negara,” ujar Baesarah.

Meski Lambert dan Pahima telah menyerahkan tiga kendaraan dinas tersebut namun Baeserah mengatakan Plh wali kota tidak diijinkan menggunakan fasilitas (wali kota) roda empat tersebut.

“Fasilitas ini akan diistirahatkan. Sebab mobil itu masih resmi kendaraan milik wali kota dan wakil wali Kota Sorong. Walaupun fasilitas tidak digunakan supir harus merawat dan menjaga aset Pemda,” kata Baesarah.

Pada kesempatan yang sama, Welly yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Kota Sorong, berjanji dirinya akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab baru sebagai Plh Wali Kota Sorong dengan penuh tanggungjawab. (NSR)

Tinggalkan Balasan