Ilustrasi
Ilustrasi

Daftar Pemilih Sementara Manokwari 119.027 Jiwa

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Manokwari, Selasa (1/11), menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPT) Pilgub Papua Barat.

Rinciannnya, laki-laki sebanyak  60,613 pemilih, sedangkan perempuan lebih sedikit 58,459  pemilih. Total jumlah DPS pemilih 119.027 pemilih.

“Ini hasil plenonya. Dari  9 distrik,  jumlah Panitia Pemungutan Suara berjumlah 137 orang dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara sebanyak 400 TPS. DPSnya, laki – laki  60,613 pemilih, perempuan58,459  pemilih. Total DPS119.027 pemilih,” rinci  ketua Devisi SDM Program dan Data, Teddy Pattkayhatu,SP saat ditemui Cahaya Papua, Selasa, (1/11/2016)  di ruang kerjanya.

Ia melanjutkan hasil pleno tersebut selanjutnya akan dibawa ke KPU Provinsi Papua Barat untuk selanjutnya dikumpulkan bersama kabupaten/ kota lainnya di Provinsi ini.“Mekanisme berikut, selama 10 hari DPS-nya akan diumumkan secara terbuka ke masyarakat. Ini untuk mengecek apakah masih ada warga yang belum terdaftar atau belum,” jelas Teddy.

Terkait perbaikan data DPS agar valid, Teddy lebih jauh mengatakan, persyaratannya warga yang belum terdaftar bisa mengajukan ke Panitia Pemilih Distrik atau PPD dengan menunjukan Kartu keluarga dan elektronik KTP . “ Identitas pemilih harus jelas, tidak bisa karang. Jadi yang belum masuk DPS, tinggal menunjukan saja e – KTP dan KK nya,” ujarnya.

Teddy menambahkan, akhir November 2016 sesuai agenda Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah bisa ditetapkan. “Optimis akhir November DPT bisa ditetapkan. Sementara buat penyandang disabilitas, nanti kita siapkan TPS khusus,” tutupnya sembari mengajak warga untuk tidak golput pada Pilkada 2017 mendatang.  (YOS)

Tinggalkan Balasan