Dana Desa. Ilustrasi

Dana Desa Tahap III untuk 3 Kampung di Tanah Rubuh Ditahan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Kepala Distrik Tanah Rubuh Kabupaten Manokwari, M. Situmorang mengatakan, sejauh ini 80 persen dari semua kampung yang tersebar di tersebut telah menerima dana desa tahap ke III tahun 2015.

Meski begitu ia mengatakan dari 24 kampung yang tersebar 3 diantaranya hingga saat ini belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban pengunaan dana desa tahap II tahun yang sama sehingga dana desa mereka masih ditahan.

“Kami sudah arahkan untuk mereka membuat laporan dan akan kami tindaklanjuti dengan rekomendasi dari distrik untuk dicairkan, tetapi sepanjang mereka belum buat laporan maka pencarian belum bisa dilakukan,”ucapnya belum lama ini.

Dirinya berharap dalam waktu dekat tiga kampung yang tak disebutkan namanya itu segera menyampaikan laporang agar dana desa tahap III bisa segera dicairkan karena berkaitan dengan pelaksanaan program desa di kampung-kampung tersebut.

Ia mengatakan, program yang dilakukan dalam penggunaan dana desa tahap I, II, dan III tahun 2015 adalah pembangunan fisik dan non fisik, seperti perbaikan saluran air, perumahan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Kadistrik menjelaskan, alokasi dana yang dicairkan untuk tiap kampung berbeda-beda namun ada yang menerima hingga Rp. 250 juta. Jumlah dana desa itu disesuaikan dengan jumlah penduduk, angka kemiskinan hingga sarana pra sarana yang tersedia di kampung. |ADITH SETYAWAN