Dana Otsus yang mengalir ke Tanah Papua. Sumber: Pattiro

Dana Otsus 4 Distrik Masih Lewat Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPUA.com – Penyaluran dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2014 untuk distrik Mubrani, Kebar, Senopi dan Amberbaken yang sebelumnya dikabarkan dipending sementara waktu oleh Pemprov Papua Barat akibat masih adanya sengketa wilayah antara Pemkab Manokwari dan Pemkab Tambrauw akhirnya mendapat kepastian.

Dana Otsus yang menjadi jatah kampung-kampung di wilayah 4 distrik tersebut masih tetap disalurkan lewat Manokwari. Pemprov Papua Barat telah mentransfer dana tersebut ke rekening kepala kampung melalui Bank Papua cabang Manokwari.

“Untuk tahun ini untuk kampung-kampung di 4 distrik, mereka boleh ambil di Bank Papua Manokwari karena ditransfer ke rekening masing-masing kepala kampung, “ ujar Wakil Bupati Manokwari Roberth KR.Hammar di sela-sela peresmian gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Manokwari, Rabu pagi, (19/11/2014).

Hammar mengaku mendapat informasi itu langsung dari Sekda Provinsi Papua Barat Nataniel Mandacan. Keputusan itu diambil dalam pertemuan di Kota Sorong baru-baru ini yang juga membahas ‘konflik’ 4 distrik. Pemkab Manokwari tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Hammar mengatakan, salah satu pertimbangan utamanya adalah karena sampai saat ini belum tercapai kesepahaman antara Pemkab Manokwari dan Pemkab Tambrauw terkait kepemilikan wilayah di 4 distrik itu.

Di sisi lain secara geografis, jarak antara ke-4 distrik itu ke ibukota kabupaten Tambrauw cukup jauh dan hingga kini pun masih sulit dijangkau dengan jalan darat. Untuk menuju ke sana, masyarakat harus memutar arah ke kota Manokwari dan melewati Kota Sorong.

“Jadi karena perhitungan soal kondisi politik dan kerterjangkauan wilayah, “ jelas Hammar. “Tapi Bupati Tambrauw (Gabriel Asem) menginginkan mulai tahun 2015, (dana Otsus) itu langsung ke Tambrauw, “ pungkas orang nomor dua Manokwari itu. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan