Dana Otsus yang mengalir ke Tanah Papua. Sumber: Pattiro

Dana Otsus Papua Barat 2015 Dikucurkan Mei Tahun Depan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Kucuran dana Otonomi Khusus kepada kabupaten/kota di Papua Barat tahun anggaran 2015 akan dilakukan pada Mei 2015.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua Barat Abia Ullu pada rapat evaluasi dana Otsus beberapa waktu lalu.

Abia Ullu pada pertemuan tersebut merinci, Kabupaten Fakfak pada tahun anggaran 2015 mendapat jatah Rp.115 Miliar, Manokwari 130 Miliar, Kabupaten Sorong 96 Miliar dan Kota Sorong 118 Miliar.

Kabupaten Raja Ampat memperoleh 104 Miliar, Sorong Selatan 90 Miliar, Kabupaten Teluk Bintuni 123 Miliar, Teluk Wondama 81 Miliar, Kaimana 112 Miliar, Kabupaten Tambrauw 86 Miliar dan Kabupaten Maybrat 100 Miliar.

Dua kabupaten pemekaran di Papua Barat yakni Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Manokwari Selatan masing-masing mendapat Jatah Rp. 92 Miliar dan 83 Miliar.

Abia mengatakan, jumlah dana Otsus di Kabupaten/kota di Papua Barat ini seluruhnya turun dibanding tahun 2014. “Penurunan ini terjadi akibat pembentukan DOB baru di Papua Barat dan komposisi jumlah penduduk,” kata dia.

Pencairan dana Otsus akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada bulan Mei, sementara pencairan tahap kedua dilakukan setelah seluruh kabupaten/kota menyerahkan laporan realisasi dana Otsus pada tahap pertama ditahun anggaran 2015. |TOYIBAN

Tinggalkan Balasan