KEPALA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PAPUA BARAT, ABIA ULLU.

Dana Otsus Papua Barat 2016 Disalurkan Maret

MANOKWARI, Cahayapapua.comSesuai Jadwal proses pencairan tahap satu dana Otsus (Otonomi Khusus) Provinsi Papua Barat tahun 2016 direncanakan akan dilakukan awal Maret. “Bapak gubernur sudah kirim surat ke Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, kalau tidak ada halangan awal Maret sudah ditransfer,” kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Papua Barat, Abia Ullu, di Manokwari, Senin (29/2/2016).

Abia yang ditemui wartawan di usai mengikuti Apel Pagi di Kantor Gubernur, Arfai Gunung, mengatakan, jika anggaran Otsus tersebut telah diterima Pemprov, ia memastikan akan langsung ditransfer ke kabupaten dan kota sesuai dengan mekanisme pembagian.

“Mekanisme pembagian keluarkan dulu dana Respek, sisanya dibagi 30 persen untuk provinsi dan 70 persen untuk kabupaten dan kota. Untuk kabupaten dan kota tetap memakai formula saat ini. Sementara tahapan transfer dilakukan sebanyak tiga kali,” tambahnya.

Pencairan tahap sebesar 40 persen yaitu sekitar Rp. 920 miliar lebih dari total 2,3 Triliun lebih dana Otsus yang akan diterima oleh Papua Barat tahun 2016. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun 2015.

Ia mengatakan, pemerintah provinsi sangat kecewa atas pembagian dana Otsus oleh pemerintah pusat. Karena mekanisme pembagiannya masih dilakukan sama seperti waktu Provinsi Papua Barat ini belum ada.

“Pembagian dana Otsus itu hanya dua yaitu Aceh dan Papua, sementara ini yang dipertanyakan dan sedang diurus. Mengapa dana Otsus dari pusat dibagi dua, berarti Papua Barat belum diperhitungkan padahal provinsi ini sudah resmi sampai hari ini. Mudah-mudahan nanti diakui bahwa ada tiga provinsi,” katanya lagi.

Ditanya soal penggunaan dana Otsus di tahun 2016, Ullu menegaskan dana Otsus diperuntukan untuk membiayai lima kegiatan, diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, Infrastruktur dasar, ekonomi kerakyatan, dan afirmasi atau perlakukan khusus bagi Orang Asli Papua. |ARIF TRIYANTO

 

Tinggalkan Balasan