Ilustrasi
Ilustrasi

Dana Pengamanan Pilgub Papua Barat Disetujui 70 Miliar

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepolisian Daerah Papua Barat memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp.70 miliar untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Papua Barat Kombes Pol Muhammad Sagi mengatakan, Nota Perjanjinan Hibah Daerah (NPHD) dana pengamanan Pilkada sudah diteken Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi bersama Kapolda di ruang pertemuan utama Polda Papua Barat, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, dana pengamanan Pilkada Papua Barat dianggarkan dalam dua sumber mata anggaran. Dari Rp.70 miliar tersebut, Rp 20 miliar diantaranya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Papua Barat tahun 2016.

Sisanya, sebesar Rp 50 miliar dialokasikan melalui APBD induk Papua Barat tahun 2017.  Sehingga pembiayaan pengamanan Pilgub tak ada lagi hambatan.

Ia menyebutkan, anggaran yang disiapkan Pemprov lebih rendah dari yang diajukan sebelumnnya. Untuk itu, pihaknya akan melakukan koreksi kebutuhan pengamanan dengan mempertimbangkan anggaran yang ada.

“Mudah – mudahan cukup, kita mau hitung ulang apa yang kita butuhkan. Kita harus menyesuaikan anggaran agar semua berjalan lancar,”ucapnya.

Menyusul penandatanganan NPHD tersebut, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Markas Besar Polisi di Jakarta untuk membuat Rekening. Dana belum dicairkan sebelum Polda memiliki rekening.

“Kabid Keuangan sedang berkoordinasi ke Mabes. Setelah dibuka rekening, baru lah uang termin pertama dicairkan ke Polda Papua Barat,” tukasnya. (IBN)

Tinggalkan Balasan