Danrem diapit Bupati, Dandim, Wabup dan Waket DPRD saat tiba di Bandara Utarom Kaimana.

Danrem 171/PVT Berkunjung ke Kaimana, Silaturahmi dengan Jajaran TNI

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– Komandan Korem 171/PVT (Praja Vira Tama) Papua Barat, Brigjen TNI Purnama Widi Andaru, Selasa (8/9/2015) mengunjungi Kabupaten Kaimana.

Kunjungan Danrem ke wilayah teritorial Kodim 1713 Kaimana ini merupakan kunjungan rutin tahunan sekaligus dalam rangka memantau situasi dan kondisi keamanan selama pelaksanaan tahapan Pemilukada. Tiba di Bandara Utarom Kaimana, Danrem disambut resmi Bupati Kaimana Matias Mairuma dan Wakil Bupati Burhanudin Ombaer.

Sebelum bertolak ke Makodim 1713 dan Kompi Senapan E Jalur Tanggaromi, Danrem bersama Bupati, Wakil Bupati, Kapolres Kaimana AKBP Drs. I Nyoman Sugiarta dan juga Dandim 1713 Letkol Inf. Agus Faridianto sempat menggelar pertemuan singkat di VIP Bandara Utarom. Dalam pertemuan selama kurang lebih 30 menit, Bupati dan juga Kapolres melaporkan kondisi riil keamanan di wilayah Kabupaten Kaimana.

Danrem Purnama saat dikonfirmasi Cahaya Kaimana mengatakan, kunjungannya ke Kaimana selain bersilahturahmi dengan jajaran TNI di Kodim 1713 maupun Kompi dan lainnya, juga dalam rangka memastikan bahwa situasi Kaimana kondusif.

Diakui, menjelang Pilkada serentak ini, di Kaimana telah terjadi ketidaknyamanan yang berujung pada adanya aksi protes dan lainnya dari massa pendukung. Dandim tegaskan, aksi protes sebaiknya tidak boleh dilakukan. Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau kurang puas dengan berbagai keputusan sebaiknya menempuh jalur hukum.

Lebih jauh Danrem juga meminta pada kandidat calon bupati dan wakil bupati serta para pendukung agar mampu mengendalikan diri dalam menghadapi situasi yang kurang menguntungkan selama tahapan Pemilukada.

Dikatakan, selama ini Kaimana selalu dilaporkan aman dan merupakan daerah yang sangat kondusif dari sisi keamanan, namun situasi yang baik tersebut terciderai oleh adanya aksi pihak tertentu yang ditunggangi kepentingan sehingga membuat Kaimana tidak aman.

“Dalam rangka mengunjungi Kodim, Kompi dan lainnya. Ini kunjungan rutin setelah dari Fakfak dan Manokwari, sekaligus ingin memastikan bahwa daerah ini kondusif. Ini juga ada kaitannya dengan kedepan akan ada Pemilukada serentak. Saya dengar di Kaimana ada sedikit ketidaknyamanan apalagi dikaitkan dengan aksi.

Sebenarnya itu tidak boleh dilakukan, semuanya bisa ditempuh dengan jalur hukum. Saya minta seluruh masyarakat, terutama para kandidat dan simpatisan agar bisa mengendalikan diri. Kalau memang tidak puas, silahkan tempuh jalur hukum. Selama ini Kaimana ini dikatakan aman tetapi nyatanya terciderai oleh berbagai aksi. Mari saling jaga, kita kawal Pemilukada ini dengan damai,” ujar Danrem. |ISABELA WISANG

Tinggalkan Balasan