GAMBAR: ILUSTRASI DANSA

Dansa Papua Barat Sumbang 6 Medali di Kuala Lumpur

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—– Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Papua Barat, kembali mengharumkan nama Papua Barat di kancah Asia, setelah berhasil menyabet empat medali perak dan dua medali perunggu dalam kejuaraan 2nd Wilayah Open Dance Championship 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia, 26 April 2015.

Sebanyak 8 atlet IDOI Papua Barat yang dimentori oleh James Wilianto dan Fenny sebagai pelatih kepala disambut oleh masyarakat Manokwari pada Kamis, (30/4/2015), dan diarak mengelilingi Kota Manokwari. Mereka adalah pasangan Hermain Mirino dan Nathalia Thesia, Pasangan Gideon Winston Sorentouw dan Agustina Titirloloby, Lois B Mirino dan Sultana Baline Rumsayor, serta Mozes Sabarrofek dan Hendrikan F. Sanggenapa.

Ketua Kontingen IDOI Papua Barat, Zul Fitra Wassahua mengatakan, 8 atlet yang turun di kejuaraan mewakili Papua Barat sekaligus membawa nama Indonesia turun di dua kategori perlombaan yakni Latin Dance Beginner Rumba serta Novice.

IODA Papua Barat menyatakan mereka bangga karena IODA yang baru terbentuk satu bulan sudah berhasil mempersembahkan sejumlah medali kepada Papua Barat.

“Kehadiran kita disini merupakan salah satu hal penting untuk memberikan semangat dan dorongan kepada para atlet-atlet ini yang telah meraih prestasi yang luar biasa, terutama bagi para pelatih,” tambah Ketua Umum IODA Papua Barat Bernada.

Atas kemenangan ini, Bernada mengatakan, atlet IODA merupakan aset KONI yang harus diperlakukan sama seperti cabang olahraga lain dalam waktu-waktu mendatang. IODA Papua Barat rencananya juga akan ikut dalam pra PON mendatang.

Sementara itu Sekretaris Umum KONI Papua Barat, Fabianus Nambu mengatakan, dengan keberhasilan yang diraih di Malaysia, IODA Papua Barat diperkirakan menjadi salah satu cabor yang diunggulkan dalam pra PON dan PON 2016 mendatang.

“Kami berharap dengan bergabungnya IODI di bawah KONI maka di PON 2016 mendatang target KONI Papua Barat dalam memperbaiki peringkatnya dapat terwujud,” ujar Fabianus. |ADITH SETYAWAN