Ilustrasi

DAS Uremi Ditanami Puluhan Ribu Bibit Pohon

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com– Kabupaten Teluk Wondama merupakan salah satu daerah di Papua Barat yang rentan terpapar bencana banjir. Untuk meminimalkan resiko, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah salah satunya dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang sempadan sungai.

PPTK bidang penanaman di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Teluk Wondama, Ratno Timo di Kantor Dishut Kompleks Perkantoran Isei Rabu (11/11) menjelaskan bahwa sejauh ini dinas kehutanan dan perkebunan telah melakukan penanaman pohon di sekitar daerah aliran sungai Uremi dengan luasan sekitar 70 hektar.

Pada areal ini pihaknya menanam sekitar 77 ribu bibit pohon buah hitam, langsat,  merbau dan matoa.

“Penanaman ini melibatkan masyarakat setempat dengan tujuan agar muncul kesadaran bahwa perawatan dan pemeliharaan pohon yang ditanam ini menjadi tanggung jawab bersama. Kita tidak menggunakan pihak ketiga lagi karena ini juga bentuk pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Daerah yang ditanami pohon merupakan areal yang pernah terpapar banjir. 10 Tahun yang akan datang, tanaman pohon tersebut diproyeksi bisa menyerap air sehingga tidak menerjang pemukiman.

Warga di sekitar sungai Uremi sendiri cukup antusias menyambut kegiatan penanaman pohon ini. Apalagi tanaman buah hitam merupakan salah satu tanaman khas yang dipelihara secara turun temurun.

Di Kabupaten Teluk Wondama terdapat sekitar 13 Sungai atau kali yang tersebar di sekitar lokasi ibukota, Wasior. “Kedepan kami akan melakukan penanaman pohon di daerah aliran sungai lainnya,” ucap Ratno Timo. |ADLU RAHARUSUN

 

 

Tinggalkan Balasan