Sosialisasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Papua Barat 2016.

Data Statistik Dapat Diakses Melalui Smartphone Android

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Masyarakat di wilayah Provinsi Papua Barat saat ini dapat mengakses secara mudah layanan informasi data statistik melalui teknologi smartphone android

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat, Simon Sapari, mengatakan, seiring perkembangan teknologi dan arus informasi, kebutuhan data statistik di BPS Papua Barat juga terus meningkat.

Hal itu dikatakan Sapari pada sosialisasi top 99 inovasi pelayanan publik Provinsi Papua Barat 2016, yang digelar BPS bersama Biro Organisasi Setda Papua Barat, di kantor gubernur, Selasa (29/3/2016).

Untuk memenuhi kebutuhan data statistik, BPS menempuh berbagai cara, seperti layanan perpustakaan, dan penyediaan data yang berbasis website. Meskipun demikian, masyarakat masih kerap mengeluh atas layanan aplikasi mobile statistik ini. Faktor geografis dan lemahnya jaringan internet masih menjadi kendala dalam program ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, BPS Papua Barat telah mengembangkan aplikasi statistik yang diberi nama statistik Papua Barat. Aplikasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan inovasi layanan informasi layanan statistik kepada masyarakat.

Inovasi layanan informasi statistik, kata Sapari, telah dikembangkan menggunakan aplikasi data statistik berbasis android. “Dengan aplikasi ini, pengguna data hanya cukup instal di smartphone android kemudian mengunduh datanya dan aplikasi siap digunakan dimanapun dan kapan pun, bahkan dipedalaman sekalipun tanpa harus terhubung koneksi internet (offline),” jelas Sapari.

Sapari mengungkapkan, sebelum pemberlakuan aplikasi ini, pemanfaatan data BPS dinilai masih kurang. Hal itu dapat terlihat hingga tahun 2013, pengunjung perpustakaan statistik hanya mencapai 60 lebih pengunjung yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan para pejabat pengguna data.

Sementara jumlah pengunjung website terus meningkat ditahun 2013 yang mencapai 10 ribu lebih. Mereka memanfaatkan aplikasi android ini.

Ia yakin pengunjung akan terus meningkat, sebab, bila dibandingkan dengan penggunaan data website menggunakan laptop atau computer, pengunjung akan dihadapkan dengan masalah besarnya ukuran konten website, dan lambatnya akses internet di daerah tertentu menghambat pengunjung website memperoleh data statistic secara up to date.

Melalui aplikasi ini, lanjut Sapari, pengguna data statistik bisa peroleh data dan informasi statistik yang diperlukan dengan cepat, mudah, dan murah. Masyarakat tidak perlu mengunduh semua konten publikasi yang tersedia, melainkan data ringkas saja yang dapat diakses.

Secara teknis, aplikasi ini memanfaatkan database yang tersedia pada website BPS Papua Barat, sehingga mempermudah pengguna melakukan sinkronisasi dan pemeliharaan data. Aplikasi ini dibangun menggunakan IDE yang mendukung platform android.

Sapari menambahkan, untuk melakukan askes data statistik, aplikasi ini hanya menggunakan database kurang dari dua megabite, bila dibandingkan dengan mengunduh file publikasi, pengguna harus menggukan database aplikasi lebih dari enam megabite per buku elektronik statistik.

“Selain tersedia di website resmi BPS Papua Barat, per tanggal 3 maret 2016, aplikasi ini juga telah tersedia di Google Playstore. Sehingga pengguna smartphone android bisa langsung mengakses website BPS Papua Barat atau buka google playstore kemudian masukan keyword Papua Barat, atau statistik Papua Barat. Nanti akan muncul tampilan aplikasi android statistik Papua Barat. lalu tekan tombol klik tombol download dan tunggu hingga instalasi selesai,” papar Sapari. (ICL)

Tinggalkan Balasan