Penyerahan hewan kurban oleh Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo kepada pengurus Masjid Al-Falah, Kampung Buton, Andai, Distrik Manokwari Selatan, Rabu kemarin.

Demas dan Edi Budoyo sumbang 73 ekor sapi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Bupati dan Wakil Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo, Rabu (30/8), memberikan sumbangan 73 ekor sapi kepada umat muslim Manokwari, dalam peringatan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 2017.

Puluhan ekor sapi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Edy Bodoyo di Masjid Alfatah, Kampung Andai, Distrik Manokwari Selatan.

“Bantuan hewan kurban ini bukan hanya untuk masjid Al-Fatah di Kampung Buton saja, namun juga diberikan kepada seluruh masjid yang ada di Manokwari,” kata Edi Budoyo.

Edi Budoyo mengatakan 73 ekor sapi tersebut merupakan bantuan pribadi dari Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo untuk masyarakat Manokwari sebagai bentuk perhatian bagi masyarakat.

“Bentuk perhatian kepada masyarakat muslim yang ada di Kabupaten Manokwari. Kita syukuri, dan kita doakan bapak Demas agar selalu sehat dalam menjalankan tugas sebagai Bupati Manokwari,” ujar Edi.

Kompleks yang dikenal dengan nama Kampung Buton ini mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan, dengan total 85 kepala keluarga.

Takmir Masjid Al-Fatah, La Baduru mengatakan, bentuk perhatian ini sangat dihargai oleh masyarakat. La Baduru mengaku sapi yang diserahkan langsung oleh Edi Budoyo tersebut merupakan sapi pertama yang diserahkan kepada takmir masjid untuk dikurbankan pada Idul Adha besok.

“(Disini masyarakat) pada umumnya adalah nelayan dan belum ada yang memberikan hewan kurban. kami Bersyukur bantuan kurban dari Bapak Demas dan Bapak Edi ini merupakan yang pertama diterima masjid Al-Fatah,” ujar La Baduru.

Sementara dihari yang sama Kamis kemarin secara simbolis Demas P. Mandacan juga dijadwalkan menyerahkan hewan kurban kepada pengurus Masjid Jami’ Merdeka.

Dalam kalender Islam (Hijriyah), Hari Raya Idul Adha jatuh 70 hari setelah hari raya Idul Fitri, yaitu pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari itu, umat berkumpul melakukan salat Ied dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Umat Islam diharamkan berpuasa pada hari raya ini. Hari raya Idul Adha juga merupakan hari penting dan puncak dalam ibadah haji, dimana pada hari itu umat muslim yang sedang naik haji akan datang ke Mina di Arab Saudi untuk melempari tiga tiang batu yang melambangkan iblis. (mar/cr-79)

Tinggalkan Balasan