Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan menabuh tifa tanda dibukanya Rakor Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Manokwari untuk Pemilu 2019 di sebuah hotel di Manokwari, Sabtu lalu.

Demas minta KPU perhatikan 7 prinsip dalam penataan Dapil

MANOKWARI, Cahayapapua.com— KPU kabupaten Manokwari menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Manokwari untuk Pemilu 2019 di sebuah hotel di Manokwari, Sabtu (13/1).

Peserta Rakor Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Manokwari untuk Pemilu 2019 di sebuah hotel di Manokwari, Sabtu (13/1) lalu.

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan dalam arahannya saat membuka kegiatan tersebut, menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk menghimpun masukan dari pemangku kepentingan terkait evaluasi Dapil pemilu sebelumnya, yang kemudian disesuaikan dengan prinsip penataan dapil sebagaimanan diatur dalam UU No 7/2017 tentang pemilu dan peraturan KPU No 5/2013 tentang tata cara penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi setiap daerah pemilihan anggota DPR Provinsi maupun kabupaten/kota.

“Saya minta penyelengara Pemilu dalam melakukan penataan Dapil betul-betul mengunakan data yang real dan valid di lapangan, dengan memperhatikan tujuh prinsip yaitu, kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proposional, profesional, integralitas wilayah, conterminus, kohesivitas dan kesinambungan,” katanya mengingatkan.

Lainnya, sebut dia, kemudahan akses kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019. Jika itu dilakukan dengan transparan dan akuntabel, maka Parpol menurutnya bisa membangun sumberdaya manusia dan kualitas politik di daerah ini dalam pemilu legislatif.

“Kepada Parpol saya harap dapat mematuhi peraturan KPU, sehingga Pemilu tahun 2019 berjalan sukses demi terwujudnya masyarakat Manokwari yang berbudaya, maju, mandiri, aman damai dan sejahtera,” tandasnya. (cr-79)

Leave a Reply

%d bloggers like this: