Penyerahan SK kontrak Satpol PP Manokwari oleh Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan.

Demas Minta Satpol PP Amankan Perda dan Aset Pemkab

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan secara resmi menyerahkan Surat Keputusan Kontrak Kerja kepada 623 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Sabtu (20/8) lalu. Oleh bupati, mereka diminta mengamankan aset-aset Pemkab yang diserobot warga.

Ratusan jumlah anggota Satpol PP dalam lingkup Pemkab Manokwari, menurut Demas sudah cukup untuk melaksanakan tugas-tugas pengamanan. Termasuk untuk mengawal implementasi sejumlah peraturan daerah (Perda).

“Saya kira kalau kita kerahkan, Satpol PP bisa maksimal bekerja seperti mengawasi tanah-tanah milik Pemda yang telah diseroboti serta mengamankan Perda,” ucap Bupati sebelum menyerahkan SK tersebut.

Bupati mengatakan, tugas pengamanan aset bukan saja terhadap tanah milik Pemkab, tapi juga terhadap fasilitas pemerintah yang sering jadi sasaran aksi perusakan. Satpol PP juga diperintahkan tetap bersiaga menjaga kantor-kantor milik pemerintah.

“Saya lihat kantor-kantor sepi (tidak dijaga, red). Padahal tugas Satpol termasuk jaga kantor. Kalau saya sidak (inspeksi mendadak,red) dan anggota yang tidak bertugas langsung saya coret namanya,” tegas bupati.

Kepada para anggota Satpol, Demas juga meminta kesungguhan untuk mengawal Perda terutama Perda Miras. Selain menjaga implementasi perda tersebut, mereka juga diminta memberi teladan kepada warga dengan cara tidak mengonsumsi Miras.

“Kalau kalian mabuk,” seru Demas kepada para anggota Satpol PP, “pasti masyarakat juga berpikir kenapa yang menegakan aturan saja mabuk sementara kita tidak bisa.”

Acara dalam penyerahan SK tersebut hanya dihadiri sekitar 300 tenaga kontrak satpol PP. Artinya setengah lebih dari total jumlah anggota yang dikontrak tidak hadir. (ACS)

Tinggalkan Balasan