Kantor DPRD Manokwari. Foto: vogelkoppapua.org

Demokrat: Bimtek Anggota DPRD Manokwari di Jakarta Wajar

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Bimbingan teknis bagi Anggota DPRD Manokwari sudah menjadi kebutuhan untuk  meningkatkan kapasitas mereka. Untuk itu, Bimtek yang dilaksanakan di Jakarta itu seharusnya tidak hanya dipandang dari satu sisi.

Hal ini dikatakan sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Manokwari, Ayub menyoal pernyataan ketua fraksi Manokwari Hebat Romer Tapilatu yang menilai bahwa terjadi pemborosan anggaran dalam Bimtek tersebut.

“Tujuh puluh persen anggota DPRD Manokwari ini adalah orang baru, sehingga wajar dan penting dilakukan Bimtek untuk meningkatkan kapasitas mereka sebagai Anggota DPR,” katanya di kantor redaksi CAHAYAPAPUA.com, Kamis, 23 Oktober 2014.

Menurut Ayub, seorang anggota DPR harus benar-benar memahami soal Penyusunan APBD maupun tugas-tugas lain yang berkaitan dengan agenda daerah. Karenanya melalui Bimtek ini para Anggota Dewan akan memperoleh bekal dalam menjalankan tugasnya 5 tahun kedepan.

Bagi Ayub tidak masalah jika Bimtek dapat dilaksanakan di Manokwari. Namun yang akan menjadi masalah kemudian menurutnya adalah kesiapan fasilitator yang harus membawakan materi pada kegiatan Bimtek tersebut. Sebab, agenda pembahasan APBD-perubahan 2014 dan APBD Induk 2015 sudah semakin dekat. (Baca: Kecam Pemborosan Anggaran, 2 Legislator Tolak Ikut Bimtek di Jakarta)

Meski Bimtek merupakan kebutuhan Anggota DPR namun menurutnya, tidak masalah jika ada anggota DPR yang sudah merasa faham dengan tugas-tugasnya memilih untuk tidak mengikuti bimtek tersebut. Baginya, dana sisa yang semestinya digunakan untuk memfasilitasi anggota DPR yang menolak untuk mengikuti Bimtek itu harus dikembalikan ke kas daerah.

Soal besarnya anggaran yang akan dihabiskan dalam Bimtek ini Ayub berpandangan, jika dana itu sudah dialokasikan dan sudah mendapat persetujuan antara DPR dengan eksekutif maka menurutnya hal itu tidak masalah sepanjang dana itu digunakan sebagaimana mestinya.|TOYIBAN

Editor: Patrix B. Tandirerung

Tinggalkan Balasan