Sekretaris Umum Partai Demokrat Papua Barat Arifin SE. | Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

Demokrat Siapkan Kader untuk Pilkada Sorsel, Raja Ampat dan Kaimana

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Partai Demokrat Papua Barat menyatakan sudah mendapat 3 orang kader mereka untuk dicalonkan sebagai kandidat bupati di Kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan dan Kaimana. Nama mereka tidak disebut.

Sekretaris Umum DPD Demokrat Papua Barat Arifin SE, Kamis (22/1/2015) mengatakan, 3 kader tersebut telah teruji memiliki wawasan luas tentang fungsi-fungsi legislatif, eksekutif dan wawasan sebagai kepala daerah.

“Jadi pemimpin yang akan kami usung ini mereka sudah faham fungsi, tugas. Mental dan spiritual juga baik. Tinggal bagiamana mereka meyakinkan masyarakat” kata Arifin di Manokwari.

Arifin mengatakan, dalam Pilkada serentak di Papua Barat tahun 2015 ini, Demokrat tidak akan mengambil calon kepala daerah dari luar partai.

Secara umum ia menerangkan untuk menentukan figur yang bakal diusung Demokrat secara internal harus ditempuh melalui sejumlah pertimbangan, termasuk adanya saran dari DPC Demokrat.

Saran tersebut kemudian ditindaklanjuti DPD dengan melakukan monitoring terhadap kader bersangkutan. Selanjutnya akan dilakukan survei internal, untuk menentukan kelayakan figur tersebut, sebelum akhirnya menunggu keputusan akhir dari DPP Demokrat.

Ditanya soal soal wacana menggandeng parpol lain, Arifin mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan masing-masing DPC untuk mencari rekan koalisi.

Provinsi Papua Barat rencananya akan menggelar Pilkada serentak di 7 kabupaten yakni Teluk Bintuni, Sorong Selatan, Raja Ampat, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Fakfak dan Pegunungan Arfak.

Namun dari kettujuh kabupaten ini, menurut Pemprov Papua Barat, tidak akan memiliki wakil kepala daerah karena jumlah penduduk kurang dari 100 ribu seperti yang disyaratkan dalam UU Pilkada terbaru, yang sebelumnya berupa Perppu 1 tahun 2014. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan