Bandara DEO Sorong

DEO Sorong didorong jadi Bandara internasional

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat akan terus mendorong pengembangan Bandar Udara Dominie Edward Osok atau DEO Sorong.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex mengatakan Bqndara DEO bisa dikembangkan menjadi bandar udara berstandar internasional.

“Saat ini sisi daratnya sudah lumayan bagus. Terminalnya sudah lumayan besar dan masih bisa dikembangkan lagi,” kata Max.

Dia mengutarakan, lahan yang ada sekitar bandara tersebut sudah dibebaslan, termasuk lahan yang mengarah ke laut. Masterplann atau rencana induk pengembangan bandara itu pun sudah ada.

Menurutnya, jika relokasi rumah warga sudah dilakukan, pengembangan pun akan dilakukan untuk memperluas landasan pacu dan area parkir pesawat.

Max menyebutkan, pertimbangan pada aspek keselamatan dalam pembangunan bandara harus benar-benar tuntas. Masyarakat Sorong pun memberi dukungan cukup baik.

“Pernah saya ditanya, kenapa bandara kita di Provinsi kok begini, Sorong kok lebih bagus. Ya, begini sudah nggak apa-apa, kondisinya memang berbeda,” kata dia lagi.

Ia berpendapat, Sorong sudah bisa mewakili Papua Barat untuk pengembangan Bandara Internasional. Meskipun demikian, pengembangan bandara Rendani Manokwari juga akan terus dilakukan. (ibn)

Tinggalkan Balasan