Pulau Mansinam

Dermaga Penghubung Pulau Mansinam Dibangun Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—– Pemerintah Kabupaten Manokwari tahun ini  akan memulai proyek pembangunan dermaga Ketapang untuk memperlancar penyeberangan menuju pulau Mansinam.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Manokwari Muhammad Saleh mengatakan, dokumen rancangan anggaran dan biaya pembangunan dermaga tersebut sudah berada pada panitia lelang.

Dokumen proyek tersebut telah diserahkan beberapa waktu lalu kepada panitia lelang yang ditunjuk bupati. Semua proyek di kabupaten Manokwari akan dilakukan panitia lelang tersebut.

“Bukan kami yang melelang proyek ini, panitia lelang ini dari Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah,” kata Saleh, Jumat (5/8/2016).

Dia menyebutkan, pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp.3,6 miliar untuk pembangunan dermaga tersebut. Pembangunan harus selesai sebelum 31 Desember 2016.

Pembangunan dermaga ini, ujarnya menjelaskan akan dilakukan di kampung Kwawi Distrik Manokwari Timur. Keberadaan dermaga tersebut diyakini dapat memperlancar transportasi laut dari Kota Manokwari menuju Pulau Mansinam dan Pulau Lemon.

Pulau Mansinam merupakan kawasan pariwisata religius. Sejumlah situs religi dibangun dan dikembangkan untuk menarik para pengunjung. Selain wisatawan domistik, kunjungan wisatawan mancanegara pun selama ini tak pernah surut. Jumlah kunjungan meningkat saat perayaan hari ulang tahun pekabaran injil digelar di pulau tersebut.

Untuk mendorong pengembangan status pulau pariwisata itu, pemerintah pusat telah memberi pengakuan hak komunal masyarakat adat atas pulau ini.

Beberapa waktu lalu Kementerian Agraria dan Tata Ruang menerbitan surat keputusan atas hak komunal tersebut. Penyerahan surat keputusan pun telah dilaksanakan di kantor gubernur Papua Barat pekan lalu. (IBN)

Tinggalkan Balasan