Ilustrasi. Foto: Tabloidjubi.com

Dewan Adat Papua Diminta Siapkan Pembentukan Partai Lokal

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com–Dewan Adat Papua (DAP) diminta memulai langkah-langkah penting untuk membentuk partai politik lokal di Tanah Papua, yang merupakan Amanat Undang-Undang Otsus.

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy mengatakan, amanat pembentukan partai lokal juga sejalan dengan UUD 1945 pasal 18 B yang memberi pengakuan hukum tentang eksistensi masyarakat adat.

Pengakuan itu menurutnya juga sejalan dengan amanat Deklarasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tentang Masyarakat Adat dan Masyarakat Pribumi (Indigenous Peoples), yang telah ditetapkan dalam Resolusi PBB pada sessi ke-61 tanggal 7 September 2007.

Pasal 1 dari deklarasi tersebut mengatakan, “Masyarakat Adat berhak menikmati secara penuh, secara kolektiv ataupun individual, keseluruhan Hak Asasi Manusia dan kebebasan fundamental sebagaimana diakui dalam Piagam PBB, Piagam Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum hak-hak asasi manusia internasional.”

“Sebab itu DAP sebuah lembaga yang tumbuh dan eksis di masyarakat adat Papua bersama Dewan Adat Suku (DAS) dan atau Dewan Persekutuan Masyarakat Adat (DPMA) dapat segera memulai konsultasi publik bersama konstituennya mengenai pentingnya pembentukan parpol lokal,” kata Warinussy.

Menurut Warinussy, DAP bisa meminta pendapat ahli dan akademisi dari sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta di Tanah Papua untuk merumuskan rancangan sistem pembentukan parpol lokal.

Tentu menurutnya, hal itu juga didasarkan pada Undang Undang Parpol. “Perlu juga untuk berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi,” katanya. | RIZALDY TARAFANUR

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan