Dewan Dukung RAPBD Papua Barat Tahun 2017

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Fraksi – fraksi di DPR Papua Barat mendukung RAPBD Tahun 2017 yang diberikan eksekutif.  Meski demikian ada sejumlah catatan maupun koreksi yang harus ditindaklanjuti.

Content Sponsored: Kapolda Papua Barat Rayakan Natal dengan Warga Sanggeng

Catatan dimaksud antara lain, eksekutif diminta segera membentuk badan otonomi khusus dengan merujuk Perdasus yang sudah ditetapkan dengan alokasi anggaran yang memadai. Hal itu penting diwujudkan agar pelaksanaan Otsus dari sisi program dan pengawasan dapat terlaksana dengan baik.

Kedua, pembahasan KUA PPAS baik  eksekutif maupun legislatif penting memperhatikan mekanisme pembahasan dengan mengacu pada undang – undang yang berlaku.

Ketiga, perhatian terhadap pemberdayaan ekonomi Orang Asli Papua (OAP) lebih khusus Mama mama Papua dalam hal anggaran, pendampingan maupun pembinaan yang berkelanjutan.

Keempat, beban utang yang ada pada Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan agar dipertimbangkan penyelesaiannya secara bijaksana. Kelima, pelibatan Badan Penanggulangan Bencana Alam Papua Barat dalam hal membatu korban bencana kebakaran di Manokwari dalam hal tempat tinggal, termasuk bagi OAP di perkotaan dan pinggiran.

Gabungan Fraksi juga mendukung dibentuknya Perusahan Daerah yang lebih kuat dan Profesional dengan memperhatikan aspek rekrutmen tenaga manejemen yang profesional.

Menanggapi hal diatas, dalam rapat pada Selasa lalu itu Gubernur yang diwakili Asisten II Setda Papua Barat, Frasnsiskus Kosamah mengatakan mengapresiasi pemandangan umum gabungan fraksi DPR PB dan siap ditindaklanjuti, tentunya dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. (MAR)

Tinggalkan Balasan