Ketua Dewan Seni Provinsi Papua Barat, Elly Krey

Dewan Seni Dorong Senimam Papua Terus Berkarya

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ketua Dewan Seni Provinsi Papua Barat, Elly Krey mengajak, seluruh seniman Papua di daerah tersebut terus berkarya.

Ditemui  Cahaya Papua, Minggu (2/4), Elly mengatakan pasar global di kawasan Asia Tenggara, asia secara keseluruhan maupun kawasan Eropa telah terbuka lebar.

“Karya seni khas Papua seperti ukiran, pahat dan lukisan bertema adat Papua cukup di gemari. Saya rasa ini peluang untuk kita mengoptimalkan kemampuan yang kita warisi,”kata Krey.

Selain itu, kata dia, melalui intensitas karya yang dihasilkan para seniman, secara otomatis seni dan budaya Papua terus eksis dan terjaga.

Menurutnya, cukup banyak warisan dari leluhur yang harus dijaga sebagai kekayaan budaya dan seni Papua. Jumlah seniman di daerah itu pun tersebar di seluruh kabupaten dan kota.

Dewan Adat, kata dia lagi, akan kembali mendata jumlah seniman secara keseluruhan. Pihaknya pun akan mendorong agar mereka eksis melalui karya masing-masing. “Jadi seniman itu tidak perlu malu duduk dipinggir jalan dan menghasilkan karya seni di situ. Kita harus malu kita mengaku seniman, tapi tidak menghasilkan karya,” ujarnya.

Krey menyebutkan, Dewan Seni akan mendorong agar setiap seniman di daerah ini mengantongi sertifikat atau tanda hak cipta atas karya masing-masing.

Dia mengutarakan, batik Papua sudah beredar cukup luas, namun karya tersebut telah kehilangan pemilik karyanya. Ia tak ingin karya seni yang dihasilkan para seniman mengalami nasib serupa dengan batik Papua.

“Saya pun sudah menyiapkan beberapa motif baru. Sekarang kita lagi urus hak ciptanya. Saya tidak akan launching sebelum hak ciptanya jadi,” tandasnya. (IBN)

Tinggalkan Balasan