Ilustrasi Guru Mengajar

Di Daerah Ini, Badan Musyawarah Kampung Dilibatkan Awasi Guru

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com- Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana mulai tahun ini akan melakukan kerjasama dengan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) untuk mengawasi kinerja tenaga pendidik terutama pada jenjang SD (sekolah dasar).

Upaya ini ditempuh selain menguji tingkat kedisiplinan para guru, juga bertujuan agar tenaga pendidik guru SD yang bertugas di kampung-kampung memiliki dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tanggungjawab sebagai pembina generasi penerus Kaimana.

Kepala Dinas Pendidikan Kaimana Luther Rumpumbo, S.Pd menyampaikan hal ini kepada Cahaya Kaimana beberapa waktu lalu. Dikatakan, strategi meningkatkan pengawasan kepada tenaga pendidik guru SD melalui Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) ini dilakukan dalam rangka memaksimalkan layanan pendidikan terutama bagi anak usia sekolah dasar di Kabupaten Kaimana.

Dijelaskan, untuk menjalani strategi ini, setiap Bamuskam diarahkan untuk melakukan kontrol kehadiran guru disetiap sekolah, dengan cara mengisi daftar kehadiran guru setiap hari sekolah. Data kehadiran dimaksud, kemudian dilaporkan ke Dinas Pendidikan sebagai bahan evaluasi dinas terhadap kinerja guru.

“Kita baru memulai strategi ini di beberapa kampung dalam beberapa wilayah distrik. Kedepan kami rencanakan menyebar pada semua sekolah. Kami berharap dengan strategi ini kinerja guru, terutama guru SD di Kaimana bisa lebih baik,” ujar Kadisdik Rumpumbo.

Menurut Kadis, stratregi ini dilakukan karena selama ini sering ditemukan guru meninggalkan tempat tugas tanpa alasan yang jelas. Kebiasaan ini sulit diatasi jika dinas tidak melakukan pengawasan melekat terhadap sepak terjang guru di tempat tugas.

Guru meninggalkan tempat tugas sudah menjadi tradisi yang sulit diatasi di Kabupaten Kaimana. Untuk itu, melalui kerjasama dengan Bamuskam diharapkan etos kerja para guru dapat ditingkatkan.

“Kami yakin ketika Bamuskam memiliki kepedulian terhadap pendidikan anak-anak Kaimana, mereka pasti mau bekerja dengan jujur, membantu dinas dengan mengedepankan tanggungjawab mereka sebagai lembaga pengawas di tingkat kampung,” ujar Kadis ketika disinggung sejauhmana dinas meyakini Bamuskam akan bekerja jujur mengawasi kinerja guru. |ISABELA WISANG