Pilkada serentak 2015

Diambilalih KPUPB, Hari Ini Digelar Pengundian Nomor Urut

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Komisi Pemilihan Umum Papua Barat hari ini dijadwalkan melakukan pengundian nomor urut kandidat bupati dan wakil bupati kabupaten Kaimana.

Anggota Bawaslu Papua Barat Ishak Waramory mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari KPU Papua Barat yang meminta kehadiran Bawaslu dalam penarikan nomor urut tersebut.

“KPU provinsi sudah turun di Kaimana untuk melaksanakan pencabutan nomor urut,” kata Ishak di Manokwari kemarin.

Ishak menerangkan, KPU berharap kehadiran Bawaslu agar pencabutan nomor urut bisa berlangsung, sebab Panwaslu Kaimana tidak berada di tempat.

“KPU tidak koordinasi dari awal. Kami belum dapat kursi penerbangan. Jadi apakah kami bisa hadir atau tidak nanti dilihat besok (hari ini),” kata Ishak soal kemungkinan kehadiran Bawaslu di Kaimana.

Pelaksanaan Pilkada Kaimana selama 1 bulan lebih terganggu. Penyebabnya, Matias Mairuma, calon kepala daerah setempat, dianggap cacat administrasi. KPU menemukan lokasi lahir yang bersangkutan di KTP dan Ijazah berbeda.

Matias, yang berpasangan dengan Ismail Sirfefa ini, lalu mengajukan keberatan ke Panwaslu. Dari hasil sidang, Panwaslu memutuskan agar pasangan ini diakomodasi kembali oleh KPU Kaimana.

Meski demikian, keputusan Panwaslu yang bersifat mengikat tidak dijalankan. Akibatnya, pasangan ini melaporkan KPU Kaimana ke Polda Papua Barat dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Belakangan, KPU Papua Barat memutuskan untuk memberhentikan seluruh komisioner KPU Kaimana. Pemberhentian berlaku sejak 31 Oktober lalu, untuk sementara waktu, sambil menunggu hasil sidang DKPP. Tahapan Pilkada Kaimana kemudian diambilalih KPU Papua Barat.

Ishak menyatakan, seluruh komisioner KPU Kaimana dan anggota Panwaslu Kaimana telah berada di Jakarta untuk mengikuti sidang lanjutan di DKPP hari ini. |RASYID FATAHUDIN