Kadis Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan. Foto: CAHAYAPAPUA.com| Dina Rianti

Dianggarkan 80 Miliar, RSUD Tipe B Siap Dibangun Tahun Depan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan menyatakan pihaknya akan memulai pembangunan rumah sakit tipe B di Manokwari, Provinsi Papua Barat, tahun depan.

“Anggarannya sudah masuk ditahun 2015, dan kita pastikan akan mulai pembangunan tahun depan,” ujar Otto Parorongan di auditorium Arfai, Manokwari, Papua Barat, Jumat (19/12/2014).

Dia mengatakan pembangunan rumah sakit tersebut akan diutamakan karena dana paling besar terserap pada sektor tersebut, yakni sebesar Rp. 80 miliar.

Soal pengelolaan rumah sakit, ia mengaku sudah melakukan sejumlah persiapan, seperti menyekolahkan sejumlah dokter spesialis. “Dokter spesialis paling tidak kita siapkan 4, diantaranya dokter bedah, anak dan penyakit dalam,” ujar Otto.

Untuk tenaga medis lainnya, ia mengaku saat ini sedang mengikuti pelatihan teknis. Pihaknya juga memikirkan kemungkinan dilakukannya pergeseran sejumlah petugas medis dari RSUD Manokwari ke rumah sakit tersebut.

Pembangunan sempat terkendala, seperti diakui Otto, karena master plan rumah sakit provinsi ini belum beres. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan