Pos Siskamling terpadu Sorong Barat difungsikan kembali.
Pos Siskamling terpadu Sorong Barat difungsikan kembali.

Dicap ‘Daerah Merah’, Sorong Barat Fungsikan Kembali Pos Siskamling

SORONG, Cahayapapua.com— Setelah sekian tahun tidak digunakan, Pos Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) terpadu Sorong Barat yang dulunya adalah pos polisi lalu lintas, mulai Jumat (4/11) kembali difungsikan.

Acara peresmian pos siskamling ini diawali dengan tarian sawat dan tarian kipas khas suku Kei untuk menyambut Walikota Sorong Lambert Jitmau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan papan selubung nama Lambert bersama Kapolsek Sorong Barat AKP Junaidy Weken. Peresmian itu dirangkai dengan pengukuhan badan pengurus persekutuan Oikumene Siskamling terpadu Sorong Barat.

Ketua Umum Pos Siskamling terpadu Sorong Barat Bernadus Alubun menyampaikan pos Siskamling terpadu kembali difungsikan untuk tujuan menjaga ketertiban daerah tersebut.

“Kampung Kei dicap merah, kami akui. Tapi ini disebabkan oleh banyaknya pemuda atau masyarakat yang tidak memiliki dan sejumlah faktor lain,” kata Bernadus, Jumat (4/11).

Ia mengatakan Pos Siskamling akan dipakai untuk menjaga keamanan di Jalan Raja Ampat, Jalan Kalimantan hingga jalan Cendrawasih, Sorong Barat dan Pal Putih.

Sementara itu Lambert selain mengapreasi inisatif warga  juga mengimbau agar pos tersebut kedepan diaktifkan. “Kalau tadi disampaikan bahwa lokasi Surya ini dicap merah, saya tekankan mulai saat ini daerah Surya berada digaris hijau. Kita semua bertanggungjawab mengamankan Kota Sorong,” ujar Lambert.

Junaidy Weken menambahkan pos tersebut sangat membantu tugas aparat keamanan. “Kami harap bapak dan ibu serta pemuda dan remaja yang berada di Kompleks Surya memanfaatkan pos ini agar kedepan kita bisa menangkal potensi kejahatan di area ini,” harapnya. (NSR)

Tinggalkan Balasan