GAMBAR: ILUSTRASI PENYANDANG DISABILITAS

Didesak Penyandang Disabilitas, Ini Sikap Anggota DPR PB

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Dewan Pengurus Cabang Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), mendesak pemerintah daerah mengakomodasi keperluan penyandang disabilitas kedalam dokumen APBD.  

“Kami sangat harapkan program yang disusun oleh pemerintah bisa mengakomodir kebutuhan kami, sehingga potensi yang kami miliki bisa dikembangkan untuk mengangkat taraf kesejahteraan kami,” ujar Ketua DPC PPDI Manokwari Hofni Marani.

Hofni bersama sejumlah rekannya dari beberapa organisasi penyandang disabilitas, seperti Yayasan Bina Mandiri dan Persatuan Perempuan Penyandang Cacat Indonesia, kemarin, bertemu anggota DPR Papua Barat Aminanab Asmuruf, Imanuel Yenu, Yonadap Troge, Albert Kareth dan Ismail Djitmau.

Dalam pertemuan ini mereka menyampaikan bahwa pemerintah sesuai UU berkewajiban memperhatikan kesejahteraan mereka. Mereka sekaligus menyampaikan bahwa kebutuhan rumah layak huni, balai latihan kerja dan alat musik merupakan salah satu cara yang bisa dipakai pemerintah untuk mendorong kemandiraan penyandang disabilitas.

Selain itu, Koordinator Yayasan Bina Mandiri, Timo Mofu, mengusulkan agar pemerintah mengalokasikan dana Otsus sebagai upaya keberpihakan kepada penyandang disabilitas.

Para anggota DPR PB dalam pertemuan itu berjanji akan memperjuangkan aspirasi penyandang disabilitas dalam RAPBD 2016. “Kita akan sampaikan ini dalam rapat rasionalisasi program. Mungkin tidak semua aspirasi ini bisa diakomodir, tapi yang jelas akan diperjuangkan sehingga ada yang bisa direalisasikan,” ujar Aminadap Asmuruf. |RASYID FATAHUDIN