Ekspedisi NKRI Subkorwil Bintuni

Diklaim Ada Spesies “Spektakuler”, Ekspedisi NKRI Sasar Moskona

BINTUNI, Cahayapapua.com— Tim Ekspedisi Koridor Papua Barat, Subkorwil 5 Bintuni, akan melakukan penelitian dan bakti sosial ke wilayah Moskona menyusul adanya informasi spesies keberadaan “spektakuler” di distrik-distrik tersebut.

Kepala Subkorwil 5 Bintuni, Kapten Inf. Maman Sutarman, Selasa (5/4/2016), mengatakan, dalam pemaparan hasil ekspedisi flora dan fauna di Universitas Papua (UNIPA), terungkap kalau di Moskona kemungkinan besar terdapat spesies yang “spektakuler”.

Maman tidak menjelaskan lebih jauh soal spesies “spektakuler” yang ia maksudkan, namun hanya memberi gambaran bahwa, “Kondisi lingkungan di Moskona berbeda dengan distrik-distrik yang lain.”

Rencana ekspedisi di wilayah Moskona akan dilakukan di distrik Moskona Utara, Selatan dan Barat selama 2 minggu. Menurut Maman, tim yang akan diutus dalam ekspedisi ke Moskona adalah tim flora fauna, geologi, kehutanan, sosial budaya dan dokter spesialis dari Jakarta, untuk membantu pengobatan terhadap masyarakat di sana.

“Dokter yang akan ikut dalam ekspedisi ke Moskona adalah dokter spesialis semua penyakit, kecuali penyakit dalam. Karena obat-obatan kita lebih bagus dan resep dokter lebih baik. Direncankan ada pengobatan massal dan jika memungkinkan akan dilakukan sunatan massal,” ungkapnya.

Ekpedisi ke Moskona direncanakan akan dimulai minggu ke depan mengingat dalam beberapa hari kedepan akan ada kunjungan dari Pemerintah Daerah Teluk Bintuni untuk melihat hasil-hasil penelitian tim ekspedisi.

Menanggapi merebaknya perburuan liar terhadap flora dan fauna yang dilindungi di Moskona, Maman mengatakan bahwa sejak awal sudah komitmen untuk melindungi potensi alam di Moskona dari aktivitas perburuan liar.

“Jika kita tidak sadar, maka spesies ini akan punah dan anak cucu kita tidak akan dapat melihat itu lagi. Kunjungan kami disana juga untuk melakaukan sosialisasi pentingnya melindungi satwa-satwa tersebut,” pungkasnya. (ART)

Tinggalkan Balasan