Murniati

Dikti Tutup Sejumlah Kampus, STKIP Manokwari Sempat Was-was

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Pihak STKIP Manokwari sempat was-was ketika mendengar kabar ratusan perguruan tinggi dibekukan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal ini diungkap Wakil Ketua II Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Manokwari Murniati, usai mengikuti sejumlah kegiatan dalam peringatan HUT Sumpah Pemuda yang digelar STKIP Manokwari, kemarin.

“Kami (sebenarnya) sempat merasa waswas, jangan-jangan STKIP juga termasuk salah satu kampus yang masuk dalam kategori kampus abal abal,” kata Murniati.

“Tapi alhamdulillah kami lolos. Seharusnya kami (STKIP Muhammadiyah Manokwari) membuat syukuran sebab dari 243 Perguruan Tinggi Indonesia yang ditutup kami tidak termasuk dalam daftar tersebut,” tambahnya.

Murniati mengatakan, STKIP Muhammadiyah Manokwari jauh hari sebelumnya pernah menjadi korban ketegasan Dikti, namun kampus tersebut terus berupaya untuk memperbaiki syarat sehingga akhirnya lolos.

“Sejak Mei lalu kami mengantongi akreditasi C. Kami diperiksa oleh dua profesor, dari Universitas Hasanudin UNHAS Makassar dan Universitas Indonesia UI,” terangnya.

Kampus yang berlokasi di Arfai ini seharusnya bisa mendapat akreditasi B, namun karena belum memiliki sarana olahraga, lingkungan kampus yang belum tertata rapi, termasuk kekurangan dosen berlatar belakang S2 akhirnya akreditasi tersebut tertunda.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan jumlah dosen S2 termasuk melengkapi sarana prasarana untuk meningatkan akreditasi,” kata dia mengakhiri. | ADLU RAHARUSUN