Ilustrasi

Dinas Pendidikan Manokwari Tunggu Perda untuk Tindak Guru Pemalas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Manokwari mengharapkan rancangan peraturan daerah tentang pendidikan yang sudah diusulkan sejak 2013 bisa disahkan DPRD tahun ini juga.

Selain menjadi panduan dalam pengelolaan pendidikan, Perda tentang pendidikan juga diharapkan bisa menjadi pegangan bagi Disdikpora untuk melakukan penegakkan disiplin terhadap para guru maupun tenaga pendidik lainnya yang suka mangkir dari tugas.

Kepala Disdikpora Barnabas Dowansiba mengakui selama ini masih ada oknum guru yang malas menjalankan tugas. Tidak hanya guru biasa, sejumlah oknum kepala sekolah juga tanpa malu meninggalkan tempat tugasnya bahkan hingga berbulan-bulan. Ironisnya, meski tak pernah bertugas, mereka tetap bisa menerima gaji dan tunjangan tanpa ada pemotongan sama sekali.

“Dalam Perda itu mengatur kalau guru tidak melaksanakan tugas berapa bulan berapa minggu begitu, sangsinya apa, semua sudah ada di situ, juga apa saja hak dan kewajiban para guru, juga apa saja hak dan kewajiban Pemda, “ kata Barnabas usai upacara peringatan Haornas di lapangan Borarsi Manokwari, Rabu (9/9).

Dengan adanya Perda Pendidikan Disdikpora bisa lebih leluasa mengambil tindakan tegas terhadap oknum guru yang pemalas. “Kita berharap tahun ini bisa masuk (disahkan) supaya kita bisa mendisiplinkan guru-guru yang masih bertahan ini (tinggal di kota dan tidak bertugas di kampung-kampung), “ ucap Barnabas.

Adapun alasan kenapa hingga saat ini belum digelar sidang non APBD untuk pengesahan Raperda, menurut Ketua Balegda DPRD Manokwari Imam Muslih, itu terjadi karena belum ada satupun draf Raperda yang diterima dari eksekutif untuk dimasukan dalam program legislasi daerah (Prolegda).

Namun beberapa waktu lalu, DPRD telah menjadwalkan pembahasan Raperda dilaksanakan dalam bulan September ini.
Senin (7/9) lalu, sejumlah SKPD terkait telah melakukan koordinasi untuk menyepakati Raperda mana saja yang akan didorong untuk disahkan dalam sidang non APBD tahun ini.| ZACK TONU BALA