Suasana Olimpiade Sains tingkat SD Provinsi Papua Barat

Dinas Pendidikan Papua barat Gelar Olimpiade Sains

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) di Provinsi Papua Barat, mengikuti olimpiade sains yang laksanakan Dinas  Pendidikan Papua Barat di Manokwari, Rabu (6/4).

Ketua Panitia Yakomina Korwa, disela kegiatan tersebut, mengatakan, juara olimpiade tingkat provinsi ini akan diberangkatan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat nasional pada bulan Juni mendatang.

Dia menyebutkan kegiatan ini diikuti sebanyak 36 peserta. Mereka mewakili kabupaten/kota masing-masing.

“Semestinya ada 13 kabupaten/kota yang ikut, Namun yang hadir hari ini cuma enam kabupaten. Kalau seluruh kabupaten/kota ikut peserta bisa mencapai 78 orang,” kata di disela kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri 01 Manokwari, Rabu.

Dia menjelaskan, pada olimpiade ini ada dua materi yang ujikan secara tertulis. Yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).        “Peserta olimpiade Matematika ada 18 orang. 18 orang lainya peserta olimpiade IPA,” ujarnya

Pada olimpiade ini, kata dia, panitia akan mengambil juara satu dan dua, baik untuk matematika maupun IPA. Empat siswa peraih nilai terbaik itu, akan diberangkatkan mewakili Provinsi   Papua Barat pada olimpiade sains tingkat nasional.

Sebelum diberangkatkan, lanjut Yakomina, peserta akan digembleng selama beberapa minggu, agar lebih siap mengikuti olimpiade sains nasional tersebut.

Dia menambahkan, Dinas Pendidikan Papua Barat telah menyiapkan instruktur yang akan mengawal peserta untuk meraih juara pada event nasional. (IBN)

Tinggalkan Balasan