Suasana rapat evaluasi Puskesmas yang digelar Dinas Kesehatan Kaimana.

Dinkes Kaimana Evaluasi Kinerja Puskesmas

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana kembali melakukan evaluasi terkait kinerja pelayanan Puskesmas se-Kabupaten Kaimana dalam pertemuan rutin tahunan yang berlangsung di Meeting Room Kaimana Beach Hotel, 1-3 Agustus 2016.

Dalam pertemuan ini, kepala puskesmas diwajibkan memaparkan hasil cakupan kegiatan selama satu tahun dan menyampaikan rencana tindak lanjut guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Koordinator kegiatan yang juga merupakan Kasubag Perencanaan dan Pelaporan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Arnold Thie, SKM kepada wartawan menjelaskan, pertemuan tingkat puskesmas yang difasilitasi Dinas Kesehatan ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi Dinas Kesehatan untuk melakukan evaluasi, pembinaan, pengawasan serta monitoring kepada Puskesma dan jaringannya secara terintegrasi dan terus menerus terhadap pelaksanaan program pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Dikatakan, tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengetahui pencapaian pelaksanaan program pelayanan kesehatan Puskesmas semester I, mengetahui tingkat keberhasilan maupun kegagalan Puskesmas dalam melaksanakan program pelayanan kesehatan, meningkatkan kinerja Puskesmas dan jaringannya, serta dalam rangka mengumpulkan saran, masukan, solusi maupun strategi untuk melakukan langkah perbaikan, peningkatan serta mempertahankan pencapaian.

Menurut Arnold Thie, kesehatan merupakan hak asasi manusia sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pembangunan kesehatan harus diselenggarakan dengan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan, kemandirian serta adil dan merata. “Dalam rangka mencapai tujuan itulah maka segala upaya dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang agar derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud,” ungkapnya. (ISA)

Tinggalkan Balasan