Ilustrasi. (obatdemamberdarah.org)
Ilustrasi. (obatdemamberdarah.org)

Dinkes PB Nyatakan, Status KLB DBD Kaimana telah Ditangani

MANOKWARI, Cahayapapua.com Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat menyatakan, status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi Kabupaten Kaimana telah tertangani dengan baik, sehingga masyarakat diminta untu tidak kuatir dengan kondisi tersebut.

Meski demikian, masyarakat juga diminta waspada terhadap penyebaran DBD di lingkungan tempat tinggal, dengan menjaga pola hidup sehat dan menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih untuk meminimalisir pertumbuhan jentik nyamuk aides aigepti atau nyamuk malaria.

Hal itu diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan di kantornya, Senin (7/3/2016). Ia menyatakan setelah terjadi KLB, Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana langsung menyampaikan laporan penetapan KLB DBD oleh kepala dinas yang disahkan oleh Bupati kepada Dinas Kesehatan Provinsi.

Ia menyatakan, penetapan kejadian luar biasa dilakukan bila terjadi peningkatan kasus DBD secara signifikan dari tahun sebelumnya.

“Saya amati, status DBD di Kabupaten Kaimana memang mengalami peningkatan kasus dari tahun lalu, tetapi tidak sampai menimbulkan dampak kematian bagi penderita DBD di daerah itu,” ungkap Otto.

Langkah pemberantasan telah dilakukan secara maksimal oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana bersama Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, melalui penanggulangan vektor dengan fogging focus, pemberian larvasida (abate), dan insektisida.

“Kita sudah lakukan pemberantasan DBD melalui penggunaan vektor dengan fokus fogging (pengasapan), pemberian abate dan insektisida termasuk pemberantasan sarang nyamuk,” jelas Otto.

Untuk itu, ia memastikan penanganan status KLB DBD Kabupaten Kaimana telah ditangani secara maksimal, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka DBD di kabupaten itu.

Ia juga mengimbau masyarakat Papua Barat, agar dapat menjaga pola hidup sehat dengan menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih, membersihkan selokan, atau tempat-tempat yang mudah dijadikan sarang nyamuk dan biasakan menggunakan kelambu saat tidur. |RIZALDY

 

Tinggalkan Balasan