Ilustrasi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kementerian Keuangan  akan menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun 2018 bagi provinsi Papua Barat pada Desember 2017.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Provinsi Papua Barat Muhdi di Manokwari, Minggu, mengatakan, hal itu dilakukan agar lelang atau tender pekerjaan tahun depan dilaksanakan lebih cepat.

“Dengan demikian, realisasi penyerapan anggaran tahun 2018 pun lebih optimal,” kata Muhdi

Pihaknya menjadwalkan penyerahan DIPA dilaksanakan sebelum libur Hari Raya Natal. Pemerintah Provinsi Papua Barat, Kabupaten/kota serta seluruh instansi terkait lainya akan diundang pada kegiatan tersebut.

Ia menyebutkan, di tingkat pusat DIPA APBN 2018 telah diserahkan Presiden Joko Widodo kepada para menteri,pimpinan lembaga dan gubernur pada 6 Desember lalu.

Menurutnya, setelah DIPA diserahkan,  seluruh satuan kerja bisa segera melaksanakan lelang. Diharapkan tender dipercepat untuk mengoptimalkan serapan anggaran.

“Kalau DIPA sudah diserahkan, mulai tanggal 2 Januari 2018 penandatanganan kontrak pekerjaan sudah bisa dilakukan dan pekerjaan silahkan jalan,’’ sebutnya.

Dia berharap, pemerintah daerah mengoptimalkan serapan anggaran tahun 2018. Pelaksanaan lelang untuk pekerjaan tahun 2018 dapat dilaksanakan pada Desember 2017.

“Maksudnya memang seperti itu penyerahan DIPA lebih awal intinya supaya Pemda segera melakukan lelang sejak awal,sehingga pekerjaan tahun 2018 segera dilaksanakan,’’ ujarnya menambahkan.

Pihaknya meyakini, semakin lancar uang mengalir di Papua Barat, pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut akan terpacu.

Ia menambahkan, penyerahan DIPA akan diserahkan oleh Gubernur Papua Barat kepada pemerintah kabupaten/ kota serta instan lainya di daerah ini. (ibn)

 

Leave a Reply