Otto Ihalauw

Dipanggil Kejati Papua, Otto Ihalauw Utus Pengacara

SORONG, Cahayapapua.com — Kejaksaan Tinggi Papua menyatakan akan memeriksa seluruh pihak yang terkait dengan dugaan korupsi proyek pembangunan jalan Boldon Sesor di Sorong Selatan yang diduga merugikan negara Rp. 4 miliar.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Papua, Bangkit Sormin, mengatakan, salah satu yang akan diperiksa dalam kasus tersebut adalah mantan bupati Sorong Selatan Otto Ihalauw.

Bangkit mengatakan, Kejati telah mengirimkan surat pemanggilan pemeriksaan terhadap Otto yang dijadwalkan digelar pada Rabu (16/3/2016), lalu di Kejari Sorong. Meski begitu Otto hanya mengutus pengacaranya.

“Menurut informasi bahwa mantan bupati tidak mau diperiksa di Sorong, beliau mau diperiksa di Jayapura,“ terang Bangkit soal asalan ketidakhadiran Otto, akhir pekan lalu.

Kejati Papua berharap masyarakat bersabar karena menurut dia pihak Kejati sangat serius mengungkap kasus tersebut. “Buktinya kami memanggil pihak-pihak pemangku kepentingan saat itu di Kabupaten Sorong Selatan untuk diperiksa di Kejaksaan Negeri Sorong,” katanya.

“Kita akan periksa semua pihak yang terlibat atau yang mempunyai kewenangan atas proyek jalan Boldon Sesor. Sekarang sudah ada 1 oknum PNS yang ditetapkan sebagai tersangka. Kami berkomitmen menuntaskan kasus ini, “ ujarnya menambahkan.

Secara terpisah Koordinator Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kabupaten Sorong Selatan Gandi Sirajuddin memberi apresiasi terhadap kerja Kejati Papua dan berharap kasus ini diusut hingga tuntas.

“Ini kasus lama yang susah sekali diusut karena ada orang besar disitu. Kami akan mengawal kasus ini hingga tuntas, tidak ada pejabat yang kebal hukum,” kata dia. |JOSEP TITIR

Tinggalkan Balasan