Direktur RSUD Manokwar dr. Firman, menunjukkan progres pembangunan gedung tambahan RSUD Manokwari kepada Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan.

Direktur RSUD sebut makin banyak RS makin bagus

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Manokwari dr. Firman, menyatakan, bertambahnya rumah sakit di daerah ini, dapat memicu persaingan yang sehat sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa meningkat.

Saat ini di Manokwari selain RSUD Manokwari, RSAL dr. Azhar Sahir dan RS Kodim 1703 Manokwari, telah bermunculan RS baru seperti RS Pratama Warmare dan yang terbaru direncanakan akan dibangun RS Angkatan Darat dan RS Bhayangkara.

“Persaingan rumah sakit sangat bagus, karena ujung-ujungnya untuk masyarakat juga,” ujar dr Firman kepada wartawan, Kamis (16/11). Firman mengatakan selama ini rumah sakit yang representatif di wilayah Papua memang masih kebanyakan milik pemerintah daerah walaupun dengan tipe C.

Terlepas dari kemunculan RS baru, rupanya menurut dr. Firman, tenaga dokter di daerah ini tidak hanya bertugas di satu rumah sakit. Tenaga dokter tertentu bisa membantu di RS lain yang kekurangan dokter, seperti praktek yang selama ini dilakukan antar RSUD Manokwari dengan RSAL misalnya.

“Memang sudah ada komitmen seperti itu, contoh jika Angkatan Laut membutuhkan dokter bedah kami pinjamkan tapi dengan perjanjian diatas jam 11, kecuali ada kasus tindakan mendesak,” terangnya mencontohkan.

Selain itu ia mengatakan meski rumah sakit baru bermunculan, namun peran RSUD Manokwari sebagai rumah sakit rujukan akan tetap melekat.

“Untuk soal kebersihan mungkin perbedaan dari kesadaran masyarakat, karena RSAL dan RSAD berada dikompleks militer sehingga (orang) enggan untuk tidak menjaga kebersihan. Kalau di kami sudah gratis, masih banyak ludah pinang dan sampah yang dibuang sembarangan,” keluhnya. (cr-79)

Leave a Reply

%d bloggers like this: