Brigjen TNI Joko Subandrio. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Toyiban

Dirikan Kodam, TNI Koordinasi Lahan dengan Papua Barat

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Pembentukan markas Komando Daerah Militer (Kodam) Papua Barat saat ini sedang dalam persiapan antara TNI dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Hal ini disampaikan Danrem 171 Prajaviratama Papua Barat Brigjen TNI Joko Subandrio di Manokwari, Minggu (4/1/2015).

“Pemerintah sedang mempersiapkan itu. Pimpinan juga sudah mempertimbangkan, sebab di Papua cukup luas sehingga Kodam Papua Barat harus segera ada,” kata Joko saat ditemui ditengah persiapan pameran alutsista di Lapangan Borarsi.

Menuju terbentuknya Kodam ini, menurut Joko, banyak prasyarat yang harus dipertimbangkan secara matang, Diantaranya lokasi, personil, materi serta kesiapan lainnya.

Saat ini koordinasi tengah dilakukan dengan pemerintah daerah terutama menyangkut lahan yang akan dibutuhkan untuk membangun Markas Kodam Papua Barat. Joko memastikan lokasi markas Kodam tidak akan berubah yakni di Manokwari sebagai ibukota provinsi.

Ia berharap Kodam bisa memperoleh lokasi yang strategis sehingga mempermudah koordinasi dan pengendalian terhadap Korem, serta Kodim yang ada di seluruh Papua Barat.

“Sementara untuk Korem, lokasinya tetap di Sorong. Sejauh ini belum ada rencana untuk menggeser markas korem dari Sorong ke tempat lain,” tandasnya. |TOYIBAN

2 comments

  1. Majanto Ullo, S.Pt

    Kami pemuda Arfak Manokwari sangat antusias atas hadirnya pangdam cendrawasih di Manokwari. Dengan hidirnya pangdam baru di ibu kota Papua Barat (Manokwari) kami pemuda papua khususnya pemuda pribumi Arfak yang merupakan salah satu bagian dari NKRI berharap agar ekrutmen Untuk anggota TNI kami juga harus diterima untuk membela NKRI kita tetap jaya. By Majanto Ullo, S.Pt

  2. Majanto Ullo, S.Pt

    Kami pemuda Arfak Manokwari sangat antusias atas hadirnya pangdam Kasuari di Manokwari. Dengan hidirnya pangdam baru di ibu kota Papua Barat (Manokwari) kami pemuda papua khususnya pemuda pribumi Arfak yang merupakan salah satu bagian dari NKRI berharap agar ekrutmen Untuk anggota TNI kami juga harus diterima untuk membela NKRI kita tetap jaya. By Majanto Ullo, S.Pt

Tinggalkan Balasan