Pengukuhan Dirut RRI sebagai mama Papua

Dirut LPP RRI Dikukuhkan Sebagai Mama Papua

BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com– Bertepatan dengan peresmian studio produksi RRI Bintuni beberapa waktu lalu, Direktur Utama LPP RRI, Dra. Rosarita Niken Widiastuti,M.Si dikukuhkan sebagai mama Papua.Pengukuhan dilakukan sesuai adat Suku Wamesa, yang merupakan salah satu suku yang mendiami Kabupaten Teluk Bintuni.

Menurut tokoh adat Suku Wamesa, Abraham Wekaburi, pengukuhan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Dirut RRI karena dinilai berjasa bagi negeri ini.“Penghargaan yang diberikan oleh orang asli Papua. Karena ia seorang perempuan yang betul-betul membangun Negeri ini dan telah menjabat sebagai direktur utama RRI selama dua periode. Dengan pengukuhan ini maka ia sudah menjadi bagian dari orang Papua,”ujarnya.

Pada saat prosesi pengukuhandilakukan penyerahan benda-benda adat, seperti busana suku asli Wamesa, manik-manik, kalung, sirih pinang, noken hingga mahkota burung Cenderawasih. “Kami tadi ada kasih bunyi triton dan tifa itu sebagai bertanda bahwa kami mengundang semua leluhur datang untuk menyaksikan penobatan ini,”ucapnya.

Ia berharap dengan pengukuhan ini, Dirut RRI tidak lupa terhadap tanah Papua. Noken yang diberikan dalam prosesi adat tersebut, menurutnya sebagai simbol dari penyampaian aspirasi masyarakat yang harus dijawab.

Sementara itu Direktur Utama LPP RRI, Rosarita mengaku bahwa pengukuhan ini sebagai peristiwa penting yang sangat luar biasa. Karena dirinya telah diterima menjadi bagian dari masyarakat Papua, bahkan telah dikukuhkan sebagai mama Papua.

Menurutnya pengukuhan ini sebagai bentuk kepercayaan masyarakat Papua, sehingga menjadi tanggung jawabnya untuk mengambil bagian dalam pengembangan, kesejahteraan dan melestarikan budaya Papua.“Saya terharu dan sangat bahagia atas kepercayaan dari masyarakat Papua, dari tujuh suku yang menobatkan saya sebagai ibu, mae atau mama dari Papua. Kepercayaan ini tentunya menjadi tanggung jawab saya untuk mengambil bagian dalam pengembangan dan kesejahteraan dan melestarikan budaya di Papua. Sebagai ibu yang sangat mengasihi anak-anaknya, saya sangat mencintai Papua,” akunya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menobatkan dirinya sebagai mama Papua. Oleh karena itu dia berjanji akan ikut mempromosikan Papua baik di dalam maupun luar Negeri.

“Terima kasih atas kepercayaan ini dan tentunya saya berjanji untuk mempromosikan Papua baik di dalam maupun luar Negeri. Dan juga sebagai peran saya sebagai pimpinan salah satu organisasi International. Terima kasih yang mengangkat saya sebagai mae, sebagai mama Papua. Semoga Tuhan memberikan kekuatan kepada saya untuk melaksanakan tugas-tugas mulia,” tutupnya.(MRT)