Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto

Dirut Pertamina: Banyak Cadangan Minyak di Papua Belum Tereksplorasi

MANOKWARI, Cahayapapua.com—-  Direktur PT Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, tanah Papua memiliki banyak cadangan minyak. Meski demikian, kandungan potensi minyak ini belum tereksplor.

“Pertamina bertugas membangun kemandirian energi di dalam negeri khususnya di Papua (tanah Papua) masih banyak cadangan minyak yang belum dieksplor. Kita akan konsentrasi untuk mengeksplor cadangan yang ada,” kata Soetjipto usai memimpin upacara HUT RI ke-71 di komplek TBBM Manokwari, Rabu (17/8/2016).

Kata dia, Pertamina saat ini sedang berkonsentrasi melakukan eksplorasi pada  sejumlah daerah pada wilayah daerah, perairan dangkal hingga perairan dalam.

“Sejumlah cadangan minyak kita juga sudah menurun dan butuh suplai sehingga kita akan cari lebih banyak lagi. Seperti penemuan blok Masela, tidak tertutup kemungkinan akan terjadi di Papua,” ujarnya.

Soetjipto menambahkan, kegiatan pemetaan bawah permukaan bumi (seismic) di wilayah Papua Barat sedang berlangsung. Program pemetaan yang diberi nama seismik 2D Kupalanda, ini dilaksanakan oleh PT Pertamina EP salah satu anak perusahaan Pertamina. Kegiatan ini dalam pengawasan dan pengendalian SKK Migas.

“Tim kami sudah dikirim untuk melaksanakan eksplorasi yang lebih jauh. Saya yakin dari Papua kemungkinan akan ada sumber-sumber minyak yang cukup baik,” pungkasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan program seismik 2D yang dimulai pada Desember 2015 lalu dan ditargetkan selesai pada Agustus 2016. Ini memiliki total panjang lintasan sepanjang 431 km, mencakup 2 kabupaten yaitu, Kabupaten Sorong Selatan yang masuk dalam wilayah distrik Kokoda juga Teluk Bintuni yang terdiri dari 4 wilayah distrik yaitu, Kamundan, Weriagar, Tomu, dan Aranday. (ALF)

 

Tinggalkan Balasan