Roberth KR.Hammar |CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Disclimer, Manokwari Siap Kembalikan Anggaran Temuan BPK

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Badan Pemerika Keuangan (BPK) Perwakilan Papua Barat telah mengeluarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemda (LKPD) pemda Manokwari tahun 2013.

Seperti yang telah diprediksi, Manokwari kembali mendapat opini disclaimer. Ini berarti sudah 5 tahun berturut-turut, Pemkab Manokwari selalu menjadi langganan disclaimer.

“(LKPD) Tahun 2013 kita masih disclaimer. Disclaimer terbesar ada di (penatausahaan) aset kita,“ungkap Wakil Bupati Roberth KR. Hammar kepada pers usai menghadiri kegiatan di ruang Sasana Karya kantor bupati di Sowi Gunung, Selasa (18/11/2014).

Tak ingin terus terbenam dalam predikat buruk tersebut, Pemda telah menyiapkan sejumlah langkah taktis agar bisa terbebas dari disclaimer.

Hammar mengungkapkan, dirinya mewakil Bupati Bastian Salabai, baru-baru ini telah menandatangani action plan (rencana kerja) dengan BPKP Perwakilan Papua Barat dalam upaya keluar dari disclaimer.

Antara lain, sesegera mungkin menuntaskan semua temuan maupun rekomendasi BPPK. “SKPD kita minta untuk segera menyelesaikan temuan-temuan BPK. Kalau tuntutan perbendaharan harus ganti rugi, ya kita ganti rugi (kembalikan anggaran yang jadi temuan BPK), “ tandas orang nomor dua Manokwari itu.

Pemda menargetkan pada tahun depan, LKPD 2014 sudah harus mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP). Selanjutnya di tahun 2016 jika memungkinkan bisa langsung WTP alias wajar tanpa pengecualian.

“Masa kabupaten yang kita mekarkan seperti Teluk Bintuni dan Teluk Wondama bisa, kita yang induk tidak bisa. Harus bisa dan itu sudah menjadi komitmen Pemda, “ ucap Hammar. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan