Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Teluk Bintuni, Irwansyah Nazar, S.Sos, MM (Arif Triyanto Cahaya Papua)

BINTUNI, Cahayapapua.com— Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Teluk Bintuni, bekerjasama dengan Kantor Departemen Kementerian Agama, dan Pengadilan Agama, akan melaksanakan sidang isbat untuk menerbitkan akta perkawinan dan buku nikah bagi pasangan -pasangan yang sebelumnya sudah menikah dibawah tangan atau belum terdaftar di Negara.

Kepala Disdukcapil, Irwansyah Nazar, Rabu (7/2) mengatakan, tahun ini pihaknya kembali memprogramkan sidang isbat bagi pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah.

“Dalam satu program itu ada dua kegiatan yaitu untuk menikah catatan sipil dan sidang isbat, nah ini teman -teman di Catatan Sipil akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan juga distrik -distrik, bagi yang belum punya akte perkawinan dan buku nikah,” kata Kadin Dukcapil, di ruang kerjanya.

Dijelaskan tujuan program ini untuk membantu beban masyarakat dengan cara memberikan pelayanan tersebut secara gratis. Anggaran yang disediakan untuk program dimaksud pada tahun 2018 sebesar

Rp. 100 juta lebih untuk program dengan target 150 pasangan suami istri yang tersebar di distrik -distrik luar Kota Bintuni.”Tahun lalu sekitar 200 lebih pasangan, tahun ini kita target 150 pasangan. Program inipun bukti bahwa pemerintah daerah hadir  bagi masyarakat,” katanya.

Tahun lalu,  sebut Irwansyah Nazar, sidang isbat sudah dilaksanakan pada wilayah distrik pesisir, yakni Distrik Weriagar, Aranday, Tomu,  dan Meyado. Sementara tahun 2018 sasarannya adalah Distrik Aroba, dan beberapa distrik pesisir, serta wilayah pegunungan untuk nikah catatan sipil. “Nanti kita bagi ada yang jalan untuk melaksanakan nikah catatan sipil, dan ada yang sidang isbat,” pungkasnya. |Arif Triyanto

 

Leave a Reply